25 radar bogor

Akhir Tahun Ini Tarif Jagorawi dan Tol Dalam Kota Naik, Segini Besarannya

Ilustrasi Tol Jagorawi
Ilustrasi Tol Jagorawi
Ilustrasi Tol Jagorawi
Ilustrasi Tol Jagorawi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sejumlah ruas tol akan akan naik tarifnya akhir tahun ini. Jasa Marga selaku operator tol terbesar di Indonesia pun akan menaikkan tarif di beberapa ruas tol.

Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto memperkirakan jumlah kenaikan tarif akan dipertimbangkan dari angka inflasi. Khususnya untuk dalam kota Jakarta, angka inflasi Jakarta selama dua tahun akan jadi pertimbangan utama.

“Kalau tarif sebetulnya sih temen-temen operasi yang hapal. Mungkin besarannya related to inflasi lah, inflasi akumulasi dua tahun berapa, kira-kira kisaran segitu naiknya,” ujar pria yang akrab dipanggil Adri di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Menurut Adri kenaikan berkisar di antara 6-7% sesuai akumulasi inflasi Jakarta selama dua tahun.

“Kayaknya sih naik sekitar 6-7% lah. Seharusnya mirip-mirip itu lah nggak jauh dari situ naiknya sesuai inflasi Jakarta,” ucap Adri.

Sebelumnya, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyatakan tarif jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan tol dalam kota Jakarta bakal segera mengalami penyesuaian.

Dua ruas tol milik Jasa Marga tersebut akan menyusul tol Jakarta-Tangerang (integrasi dengan Tangerang Merak) yang sudah lebih dulu mengalami penyesuaian pada akhir pekan lalu.

Selain kedua ruas tersebut, ada pula beberapa ruas tol lainnya di luar Jabodetabek yang akan alami penyesuaian.

“Ada Belmera (Belawan-Medan-Tanjung Morawa), Palikanci (Palimanan-Kanci), Surgem (Surabaya-Gempol)” katanya saat ditemui di Hotel Mercure Ancol. (dtk/ysp)