25 radar bogor

LSI: Persoalan Toleransi Beragama Masih Jadi PR Jokowi

JAKARTA – RADAR BOGOR, Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan, hingga saat ini belum ada perbaikan serius mengenai persoalan toleransi di Indonesia. Isu intoleransi masih akan menjadi tantangan bagi pemerinahan Jokowi pada periode kedua.

Dibanding 2018, tahun 2019 cenderung stagnan, dibandingkan 2017 dan 2016, tampak situasi lebih buruk,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat (3/11).

Dalam surveinya, LSI menemukan warga muslim yang keberatan terhadap non muslim dalam membangun rumah ibadah sebesar 53 persen. Dengan demikian, hanya 36,8 persen umat muslim yang merasa tak keberatan dengan hal itu.

Soal non-muslim mengadakan acara keagamaan/kebaktian di sekitar mereka, hasilnya lebih baik. Sementara yang keberatan hanya 36,4 persen dan tidak merasa keberagan 54 persen,” ujarnya.

LSI juga memotret sikap yang dianggap intoleran antara muslim sebagai mayoritas dan kelompok agama minoritas. Ada  sebagian muslim yang setuju bahwa umat agama minoritas di Indonesia harus ikut kemauan muslim mayoritas sebesar 37,2 persen.

Tapi hanya 14,8 persen yang setuju jika umat Islam yang menjadi minoritas di negara lain harus mengikuti mayoritas di negara tersebut,” jelasnya.

Untuk diketahui, survei LSI diadakan pada 8-17 September 2019 dengan melibatkan 1.550 responden yang terpilih secara acak. Adapun margin of error kurang lebih 2,5 persen. Untuk tingkatkan kepercayaannya mencapai 95 persen.(JPG)