Beranda Pendidikan

Tiga Tim Mahasiswa IPB University Raih Juara di Gemastik XII 2019

BOGOR-RADAR BOGOR. Kontingen mahasiswa IPB University berhasil meraih tiga penghargaan dalam ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi XII (Gemastik) 2019 di Universitas Telkom (24-27/10), Bandung Jawa Barat. Mahasiswa IPB University berhasil mendapatkan satu medali emas dan dua medali juara harapan. Gemastik merupakan program dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

“Ada sembilan tim mahasiswa IPB University yang berhasil masuk ke babak final. Alhamdulillah ada tiga tim yang berhasil mendapatkan medali. Yakni satu medali emas dan dua medali juara harapan. Kontingen IPB University dalam kompetisi ini terdiri atas sembilan tim yang tersebar di lima divisi kompetisi. Yaitu tiga tim di divisi Keamanan Siber, dua tim di divisi Pengembangan Perangkat Lunak, dua tim di divisi Penambangan Data, satu tim di divisi Bisnis TIK dan satu tim di divisi Pemrograman. Kontingen terdiri atas 27 orang mahasiswa/i dari lima program studi. Yaitu Ilmu Komputer, Statistika, Fisika, Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat dan Teknik Komputer beserta dosen pembimbing dan tim pendukung,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Dr. Alim Setiawan.

Tim mahasiswa yang berhasil mendapatkan medali emas adalah Yasmin Salamah, Tsonya Yumna Afifa, Rahma Dany Asyifa dengan dosen pembimbing Auzi Asfarian, Mkom. Mereka berhasil mendapatkan medali emas di bidang Pengembangan Perangkat Lunak. Yasmin dan tim mengembangkan Thymun. Yakni Smart Health Community untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penderita kondisi autoimun di Indonesia.

Sementara itu, tim Danakirti berhasil mendapatkan juara harapan di bidang Bisnis TIK. Danakirti merupakan Future Breeder Society melalui livestock traceability untuk meningkatkan daya saing peternak rakyat di Indonesia. Tim ini terdiri dari Yudit Yudiarto, Fadia Ramadhana, Ahmad Al-Banjaran Coeur d’Alene dengan dosen pembimbing: Dr Yani Nurhadryani.

Dan untuk bidang Penambangan Data, tim IPB University juga meraih juara harapan dengan tim yang terdiri dari Willyam, Faldi Sulistiawan, Audhi Aprilliant dan dosen pembimbing Dr Imas S Sitanggang. Mereka melakukan Identifikasi Daerah Berpotensi dan Estimasi Potensi Daya Angin di Nusa Tenggara Timur (NTT) menggunakan Deep Neural Network. (dh/Zul)

Baca Juga