25 radar bogor

Lowongan CPNS 2019 Resmi Diumumkan, Kuota Guru Paling Banyak. Berikut Datanya!

Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS
Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

JAKARTA – RADAR BOGOR, Setelah sempat molor dari rencana semula, Kementerian PAN-RB mengumumkan lowongan CPNS baru 2019, Senin (28/10/2019).

Total ada 152.286 kuota atau formasi CPNS baru. Namun tidak ada satupun kursi untuk tenaga administrasi seperti juru tulis atau sejenisnya. Pendaftaran bakal dibuka 11 November mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan kuota 152.286 formasi terbagi untuk pusat dan daerah.

Perinciannya instansi pusat mendapatkan jatah 37.425 formasi. Formasi ini tersebar di 68 instansi pusat. Kemudian kuota untuk instansi daerah sebanyak 114.861 formasi. Tersebar pada 462 unit instansi daerah.

Bima menjelaskan ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS 2019. Yaitu formasi umum dan formasi khusus. “Sama seperti tahun lalu,” jelasnya.

Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi pusat dan daerah. Lalu ada juga formasi khusus untuk putra-putri Papua dan Papua Barat. Kemudian formasi khusus lainnya yang bersifat strategis di sejumlah instansi pusat.

Sementara itu jika dilihat dari bidang tugasnya, lowongan guru mendominasi. Kuota untuk guru mencapai 63.324 formasi. Sementara untuk tenaga kesehatan ada 31.756 formasi dan formasi teknis fungsional ada 23.660 formasi. Bima menegaskan, setiap pelamar hanya dapat melamar satu formasi di satu instansi saja.

Bima mengatakan tahun ini juga ada ketentuan baru. Yakni bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) seleksi administrasi diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari setelah pengumuman dikeluarkan.

Kemudian bagi instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut. Pelamar diharapkan menyiapkan dokumen-dokumen pendukung jika merasa keberatan karena tidak lolos seleksi administrasi.

Salah satu kementerian yang mengalami perubahan dan mendapatkan kuota CPNS cuku besar adalah Kemenristekdikti.

Seperti diketahui saat ini bidang pendidikan tinggi kembali pindah ke Kemendikbud. Sehingga otomatis lowongan dosen PNS di kampus negeri saat ini masuk ke Kemendikbud.

Dirjen Sumber Daya Iptek-Dikti Kemenristekdikti (masih pakai nomenklatur lama sampai Desember) Ali Ghufron Mukti berharap melalui seleksi CPNS baru 2019, bisa disaring calon dosen berkualitas.

“Karena dosen paling menentukan. Jika dosennya hebat, ada harapan perguruan tingginya ikut hebat,” katanya di malam Anugrah Diktendik (pendidik dan tenaga kependidikan) Berprestasi 2019 tadi malam.

Ghufron berharap para dosen yang lolos jadi CPNS kelak bisa terus berprestasi. Tidak sebatas mengajar di kelas saja. Tetapi juga mengembangkan inovasi dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu para dosen juga diminta untuk menghasilkan paten sebanyak-banyaknya. Apalagi saat ini pemilik paten bisa mendapatkan hak kekayaan intelektual atas patennya.

“Jadi tidak benar dosen itu ngomongnya sak dus, uangnya sak sen,” katanya lantas tertawa. (wan)