Beranda Pendidikan

Aksi Peduli Lingkungan Ala Mahasiswa IPB University

BOGOR-RADAR BOGOR. Sebagai bentuk rasa cinta terhadap lingkungannya, mahasiswa IPB University yang saat ini tinggal di Asrama Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) bergotong-royong membersihkan lingkungan asramanya. Kegiatan yang rutin digelar satu bulan sekali itu disebut sebagai kegiatan Bersih-Bersih Asrama (BBA), Sabtu (26/10).

Kegiatan BBA dimaksudkan supaya para mahasiswa lebih memperhatikan lingkungan sekitarnya supaya tetap bersih dan sehat. Melalui kegiatan BBA ini, para mahasiswa bergotong-royong membersihkan gedung asrama maupun kamarnya secara serentak agar tercipta lingkungan yang bersih.

Supaya mahasiswa lebih giat dan bersemangat membersihkan kamarnya, diberikan reward bagi asrama paling bersih dan rapi. Pemenang challenge kali ini adalah asrama A3 Lorong 5 kategori asrama putri dan asrama C2 Lorong 5 kategori asrama putra.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang dan bagi yang belum beruntung, silahkan ditingkatkan lagi semangatnya untuk membersihkan lingkungan sekitarnya,” ungkap Intan Azizka, Senior Resident Asrama yang juga mahasiswa IPB University dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen.

Selain kegiatan BBA yang diselenggarakan tiap satu bulan sekali, para mahasiswa juga diajak untuk memilah sampah setiap hari Jumat dan Sabtu.

“Sampah itu ada harganya, asal bisa dikelola. Sayang sekali, selama ini hanya sedikit yang mau mengelola sampah tersebut,” tutur Ibrahim Rozin, salah satu Senior Resident Asrama.

Rozin menerangkan, meskipun sampah tersebut dibeli dengan harga murah, tapi harga bencana yang dapat tercegah karena program pemilihan sampah itulah yang luar biasa.

Hasil pemilihan dan pengumpulan sampah plastik maupun kertas yang dilakukan dua kali seminggu itu nantinya akan dijual. Pengelolaan keuangan hasil penjualan sampah digunakan untuk keperluan kesejahteraan asrama dan pengelolaan sampah itu sendiri. “Sistem pengelolaannya pun terbuka, karena akan diumumkan setiap dilakukan penjualan barang-barang tersebut,” pungkas Rozin. (Mega/Rosyid)

Baca Juga