Beranda Metropolis

Tarik Minat Turis, Pemkot Bogor Rilis Buku Wisata Kampung Pulo Geulis

BARU:  Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim bersama Lurah Babakan Pasar Bogor, Rena Da Frina mengenalkan buku infografis Wisata Pilo Geulis yang disusun oleh Jurusan Teknik Grafika dan Percetakan Politeknik Jakarta di Kantor Kelurahan Babakan Pasar, Kamis (24/10).
BARU: Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim bersama Lurah Babakan Pasar Bogor, Rena Da Frina mengenalkan buku infografis Wisata Pilo Geulis yang disusun oleh Jurusan Teknik Grafika dan Percetakan Politeknik Jakarta di Kantor Kelurahan Babakan Pasar, Kamis (24/10).

BOGOR–RADAR BOGOR,Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menarik wisatawan ke beberapa destinasi wisata, satu per satu terwujud.

Selain membenahi sarana dan prasarana, kerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melahirkan sebuah buku yang mengulas beberapa wisata di Kam­pung Pulo Geulis Kelurahan Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah.

Buku berisi informasi seputar lokasi yang diperkuat dengan gambar diharapkan bisa memudahkan wisatawan dalam memilih tempat berliburnya. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, Pulo Geulis merupakan lokasi yang patut dikunjungi wisatawan lantaran menyimpan banyak sejarah yang cukup kuat di masa lalu. Di samping itu juga, di situlah representasi keberaga­man Kota Bogor terbentuk.

’’Ini sangat penting, di tengah kondisi intoleran dan radika­lisme, kita menginginkan ada­nya buku ini menjadikan gam­baran baru masyarakat Bogor dan masyarakat Indone­sia lebih memahami bahwa Bogor memiliki satu ikon wisata yang luar biasa,” ujarnya kepada Radar Bogor usai berkeliling Kampung Pulo Geulis, kemadin (24/10).

Kendati demikian, menurut Dedie, masih banyak hal yang harus diperbaiki dan diting­katkan. Usai selesai dengan buku panduan wisata, Lurah harus mendorong masyarakat agar bisa melahirkan program yang menyangkut kecantikan wilayah­nya. ’’Jadi wilayah harus bersih, hijau, tertib, aman, dan nyaman termasuk juga meminta menyi­apkan fasilitas lainnya seperti lahan parkir,” ungkapnya.

Dedie berterima kasih kepada PNJ yang telah menyerahkan hasil studinya yang dituangkan dalam bentuk buku panduan berupa infografis wisata. Dia ber­harap wisatawan yang datang ke Kota Bogor bisa lebih mengetahui lokasi yang menarik untuk dikunj­unginya.

’’Mudah-mudahan wisatawan yang datang ke Bogor paling tidak mempunyai pengetahuan baru bahwa ada yang namanya Pulo Geulis Babakan Pasar yang layak dan patut untuk dikunjungi,” tuturnya.

Sementara itu, Lurah Babakan Pasar, Rena De Frina mengung­kapkan, buku panduan tersebut akan disebar luaskan ke bebe­rapa lokasi. ’’Kita akan coba sebarkan ke hotel-hotel, kantor pemerintahan hingga pusat perbelanjaan,” katanya.

Lokasi wisata yang bisa dikunjungi di Pulo Geulis, menurut Rena bukan hanya yang berupa fisik, melainkan juga sikap toleransi yang ada di tengah masyarakat. ’’Pulo Geulis ini banyak destinasinya misalnya adalah Klenteng Pan Ko Bhio, kulinernya, keberaga­mann­ya dan toleransi umat bera­gamanya yang sangat bagus itu yang kita tekankan di buku infografis,” pungkasnya.(gal/pkl6/c)

Baca Juga