25 radar bogor

BMKG: Suhu Panas di Kota Bogor Hingga Akhir Bulan

Kawasan Tugu Kujang Bogor
Tugu Kujang simbol Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR,Cuaca atau suhu panas di Kota Bogor diprediksi hingga akhir bulan in. Hal tersebut diungkapkan Badan Meteorologi Geofisika Dan Klimatologi (BMKG) Citeko, Cisarua Kabupaten Bogor. Di Kota Bogor sendiri suhu panas sudah mencapai 36°C.

Kepala BMKG Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor, Asep Firman mengatakan cuaca panas Bukan hanya di Bogor saja. Di beberapa tempat khususnya pulau Jawa mengalami hal yang sama.

“Saat ini kondisi cuaca dari Sumatera bagian selatan, pulau Jawa, Bali, Lombok sampai Nusa Tenggara Timur masih dilanda musim kemarau,” ujarnya seperti dikutip dari pojokbogor.com, Kamis (24/10/2019).

Sampai saat ini, lanjut Asep, peluang hujan hingga sepekan ke depan (khususnya) di Jabodetabek masih kurang, sehingga ada kemungkinan cuaca panas menyengat saat ini masih berlangsung hingga sepekan ke depan

“Penyebabnya angin dari Timuran. Angin Timuran (bertiup dari arah Timur sampai Tenggara) biasanya membawa uap kering, tidak mampu untuk terjadinya pertumbuhan awan. Sehingga langit menjadi cerah tidak berawan,”

Ditambah lagi, masih kata Asep, posisi matahari sekarang berada di Selatan, sehingga radiasi yang diterima sangat kuat dan intensif di permukaan. Hal inilah yang menyebabkan udara sangat panas menyengat

“Himbauan terkait cuaca panas, masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan agar menjaga asupan cairan dan makanan yang sehat, agar terhindar dari dehidrasi karena udara kering. Menjaga tubuh tidak terpapar langsung dengan radiasi matahari dengan menggunakan payung, dan pelindung tabir surya,” pungkasnya (adi/pojokbogor/ysp)