25 radar bogor

BKN Siap untuk Pendaftaran CPNS, Tapi Masih Tunggu Menteri Tjahjo

Mendagri Tjahjo Kumolo
Menpan-RB  Tjahjo Kumolo

JAKARTA-RADAR BOGOR,Pendaftaran CPNS 2019 secara online di laman SSCASN BKN dijadwalkan akan dimulai November 2019.

Saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menunggu instruksi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo kapan tanggal dimulai pendaftaran CPNS.

“Dari sisi BKN, insyaallah siap. Tinggal instansi yang harus menyelesaikan semua setting admin SSCASN (sistem seleksi calon aparatur sipil negara) dan menyiapkan format pengumuman jika sewaktu-waktu pengumuman resmi disampaikan oleh MenPAN-RB,” kata Karo Humas BKN Mohammad Ridwan seperti dikutip dari jpnn.com, Jumat (25/10).

Dia mengungkapkan, sejak Selasa (21/10) hingga Jumat (25/10) ini, pihaknya melakukan bimbingan teknis kepada admin instansi untuk setting formasi, dan lain-lain di SSCASN. Dia berharap setting tersebut selesai sebelum pengumuman resmi penerimaan CPNS 2019 keluar.

“Saya sudah tanya ke KemenPAN-RB apakah hari ini atau tidak. Namun belum ada respons, kita tunggu saja,” ucapnya.

Yudhantoro Bayu, koordinator portal SSCASN BKN menambahkan, setting formasi yang dimaksud adalah rincian jabatannya beserta kuota masing-masing kementerian/lembaga dan daerah. Mereka memasukkannya dalam sistem sebelum diumumkan.

“Kemarin setiap instansi sudah mendapatkan formasi dari MenPAN-RB. Nah formasi itu dimasukkan ke dalam SSCASN. Jadi mekanismenya sebelum diumumkan ke publik, di-cross check dulu dengan formasi yang diterima,” tuturnya.

Tahun ini, formasi yang disiapkan pemerintah sebanyak 197.111 khusus CPNS. Sedangkan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) belum ada kebijakan apa-apa.  (esy/jpnn)