25 radar bogor

Portal Lama Non Aktif, BKN: Pendaftar CPNS Pakai SSCASN

Ilustrasi seleksi CPNS
Ilustrasi Seleksi CPNS.
Ilustrasi Seleksi CPNS.

JAKARTA-RADAR BOGOR,Portal SSCASN BKN menjadi tempat pengumuman formasi apa yang dibuka dan pendaftaran bagi para pelamar CPNS 2019.Portal lama SSCN BKN tidak digunakan lagi.

”Proses rekrutmen CPNS 2019 hanya menggunakan satu sistem yaitu SSCASN. Selain itu tidak ada lagi. Portal SSCN tidak berlaku lagi,” kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan Jumat (25/10).

Tahun ini, formasi yang disiapkan pemerintah sebanyak 197.111 khusus CPNS. Sedangkan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) belum ada kebijakan apa-apa.

Sebelumnya Deputi BKN bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen menjelaskan, tahun lalu jumlah pendaftar CPNS yang membuat akun sebanyak 4,6 juta orang. Namun, yang memastikan data hanya 3,6 juta. Itu belum termasuk Papua, Papua Barat, Palu, dan Donggala.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat mendaftar CPNS, diperkirakan tahun ini ada kenaikan jumlah pendaftar 10-20 persen. Diprediksi 5 jutaan pendaftar akan masuk ke sscasn.bkn.go.id. Karena sudah dihitung dengan wilayah Papua, Papua Barat, Palu, dan Donggala.

Pada prinsipnya, menurut Ridwan, sistem SSCASN BKN sudah siap. Meski begitu masih menunggu cross check data dari Kementerian/Lembaga dan daerah sebelum diumumkan ke publik.

“Harus difinalkan dulu semua formasinya baru bisa dipublikasikan. Semoga sebelum keputusan MenPAN-RB pengumuman CPNS 2019 dimulai, data K/L dan daerah sudah beres semua,” tandasnya. (jpnn)