Beranda Bogor Raya

Lagi, Kalibaru jadi Lautan Sampah, Warga Soroti Kinerja Pemkab

Kalibaru
Kondisi Kalibaru yang ada di Bojonggede, Kabupaten Bogor, masih sama saja meskipun beberapa kali sudah dibersihkan.

BOJONGGEDE-RADAR BOGOR, Tumpukan sampah di Kalibaru hingga saat ini masih belum tuntas dibersihkan.

Warga sekitar mengkritik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dinilai tanggung-tanggung membersihkan sampah di lokasi itu.

“Iya sekitar sebulan yang lalu (pembersihan), tanggung. Sedikit dibersihkan meski ramai yang datang. Jadi nggak kelihatan diberesin. Sekali terjun ya aturan langsung bersih. Ada hasilnya, enak dilihatnya juga. Ini seperti kerjaan tanggung gitu,” kata warga sekitar Johan Iskandar.

Dia mengatakan, warga setempat sebenarnya siap membantu pembersihan sampah di perairan Kalibaru.

Menurutnya, warga menunggu solusi dari Pemkab Bogor untuk menuntaskan masalah sampah itu dari Pemkab Bogor.

“Kalau memang butuh bantuan, gimana solusinya, atau butuh bantuan warga, saya siap membantu. Nanti saya ajak warga buat ikut bersihin. Gotong royong gitu. Kan biar enggak bau,” kata Johan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bakal mengecek kelanjutan pemberian bantuan dari Pemprov DKI Jakarta untuk menyingkirkan sampah di Kalibaru. Iwan menyatakan bakal menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terkait hal itu.

“Karena jangan-jangan suratnya nggak sampai. Saya akan cek suratnya, bila perlu saya yang datang nanti ke Pak Gubernur,” kata Iwan di Gedung Sekretariat Daerah Kompleks Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (24/10/2019).(ipe)

Baca Juga