Beranda Berita Utama Usai Nonton Konser di Cibubur, Puluhan Anak Terlantar. 5 Orang Perempuan!

Usai Nonton Konser di Cibubur, Puluhan Anak Terlantar. 5 Orang Perempuan!

Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Ahmad Yani, ketika memberikan arahan kepada puluhan anak terlantar di Kantor Dinsos Kota Bekasi. SURYA BAGUS/RADAR BEKASI

BEKASI-RADAR BOGOR,Puluhan anak dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah kehabisan ongkos sepulang dari menonton konser musik untuk Negeri di Buperta, Cibubur, Jakarta. Mereka terlantar, sebelum akhirnya ditangani Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi, Senin (21/10).

Sedikitnya ada 63 anak yang terlantar dan terdata berumur belasan tahun.

Salah satu anak mengaku berangkat sejak hari Jumat, dari Pekalongan. Ia mengaku sambung menyambung menumpang kendaraan truk sampai di wilayah Cikampek.

Dari sana mereka naik kereta api menuju Jakarta sebelum kembali menumpang truk sampai ke lokasi.

Ia mengaku sudah tidak melanjutkan pendidikan, sejatinya ia duduk di bangku kelas tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun pendidikannya terhenti sampah lulus Sekolah Dasar (SD) saja.

Puluhan anak tersebut diantaranya 34 orang berasal dari Pekalongan, 10 orang dari Batang, 6 orang dari Demak, 11 orang dari Indramayu, 1 orang Kendal, dan 1 lainnya Jepara. Sebanyak 58 orang laki-laki, 5 orang perempuan.

Mereka diberikan makan dan uang untuk bekal pulang ke wilayahnya masing-masing. Setelah ini berencana untuk melanjutkan perjalanan naik kereta api sampai Cikampek, lalu dilanjutkan kembali naik truk.

”Ketemu di stasiun Cikampek, ada yang disana juga (bertemu dengan anak-anak lainnya),” sambung anak lainnya.

Dengan jumlah yang cukup banyak ini, Dinsos Kota Bekasi cukup kewalahan. Dinsos memberikan uang saku dan makan agar sejumlah anak yang terlantar bisa kembali pulang ke kediamannya.

”Mereka datang kesini memang tiba-tiba bergerombol, kedua dia ingin pulang ke kampung, macam-macam alasannya. Kita kasih uang saku. Saya meyakini mereka satu dua orang masih memiliki persiapan,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Ahmad Yani dikutip dari radarbekasi.com.

Selanjutnya, mereka dipersilahkan kembali melanjutkan perjalanan ke daerah asal masing-masing. Pasalnya, untuk tinggal di kantor Dinsos dirasa tidak memungkinkan.

Menurut keterangan, mereka sudah tiga hari terakhir berada di Jakarta untuk menonton konser tersebut. Grup band yang mereka nantikan diantaranya Slank dan Siksa Kubur. Di lokasi konser, mereka mengaku diberi makan, hal ini membuat puluhan anak tersebut nekat berangkat dengan perbekalan minim. (sur/radarbekasi)