Beranda Politik

NasDem Dukung 2 RUU Baru Usulan Jokowi Masuk Fokus Prolegnas

JAKARTA – RADAR BOGOR, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato pertamanya setelah dilantik sebagai pimpinan negara untuk periode kedua, merencanakan akan membuat 2 Undang-undang (UU) besar. Yakni UU Cipta Lapangan Kerja, dan UU pemberdayaan UMKM.

Terkait itu, Anggota DPR RI fraksi Partai NasDem Johnny G Plate mendukung agar dua usulan UU ini menjadi prioritas anggota dewan baru. Oleh karena itu, harus segera dimasukan ke dalam prolegnas. Bisa melalui usulan pemerintah, maupun usulan DPR.

Kami dukung itu sebagai prioritas. Tapi untuk menjadi prioritas kan harus masuk prolegnas. Mekanisme harus kita tempuh dulu dengan benar,” kata Johnny di komplek DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (21/10).

Melihat kesiapan penggodogan dari 2 UU tersebut, Johnny memperkirakan pemerintah yang akan mengajukan usulan 2 UU itu supaya masuk dalam prolegnas. Fraksi NasDem dipastikan akan mendukungnya, karena UU tersebut dianggap penting, sebab akan banyak UU yang disederhanakan. “Yang penting itu speed up. Itu harus fokus dan kerja secara cepat, karena itu penting sekali,” imbuhnya

Sementara itu, terkait detail UU apa saja yang akan dileburkan, Johnny menilai harus ada kajian mendalam setelah 2 rancangan UU ini masuk dalam prolegnas. Saat ini sendiri memang banyak UU yang berkaitan dengan lapangan kerja dan UMKM. Sehingga pembahasannya pun harus dilakukan seksama dan melibatkan berbagai unsur.

Kita harapkan terkait dengan kedua rencana membuat UU baru itu masyarakat dari awal perlu terlibat. Jangan sampai partisipasi masyarakat itu di ujung. Nanti ada pro kontra setelah di ujung,” pungkas Johnny.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan akan tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur pada periode kedua keoemimpinannya. Terutama yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses ke kawasan wisata.

Yang (bisa) mendongkrak lapangan kerja baru, yang mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat,” kata Jokowi dalam pidatonya di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Berkaitan dengan itu, Jokowi akan memangkas regulasi harus kita yang dianggap merepotkan. Regulasi tersebut harus dibuat sesederhana mungkin. Agar dalam upaya mensejahterakan rakyat bisa maksimal.

Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan 2 undang-undang besar. Pertama, UU Cipta Lapangan Kerja. Kedua, UU Pemberdayaan UMKM. Masing-masing UU tersebut akan menjadi Omnibus law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU,” jelasnya.(JPG)

 

Baca Juga