Beranda Bogor Raya

Ruwat 7 Gunung, Budayawan Bogor Lepas Hewan Liar

Inilah Puncak Gunung Cibodas, atau dikenal dengan Gunung Kapur Ciampea, yang akan diruwat.

BOGOR – RADAR BOGOR, Sejumlah pegiat budaya bersama PT Sayaga Wisata Kabupaten Bogor, kembali adakan ‘Ngaruwat 7 Gunung’, Sabtu (26/10/2019). Kali ini, acara budaya akan dipusatkan di Gunung Cibodas, Kecamatan Ciampea.

Ketua Pamong Budaya Bogor, Ki Sumantri menuturkan, tujuh gunung yang akan diruwat, yakni Gunung Menyan (Pamijahan), Handeuleum (Cibungbulang), Cibodas (Ciampea), Hideung (Ciseeng), Angklung (Cirangsad/Cigudeg), Angsana (Jasinga), dan Manapa (Malasari/Nanggung).

“Ngaruwat tujuh gunung ini diadakan setiap akhir bulan, dan setiap bulan satu gunung,” ujar Ki Sumantri kepada Radar Bogor.id, Senin (21/10/2019).

Dikatakannya, ngaruwat tujuh gunung ini diadakan untuk merawat, menjaga dan melestarikan gunung yang ada di Kabupaten Bogor.

Makanya, dalam kegiatan ini, selain doa bersama, dilakukan juga penanaman pohon, menyebaran benih iklan, dan pelepasan hewan ke alam.

“Gunung itu sumber kehidupan kita, karena makhluk hidup ada di situ semua. Makanya kita sebagai manusia harus selalu menjaga gunung yang ada,” imbuh Ki Sumantri. (dkw)

 

Baca Juga