25 radar bogor

Jokowi-Ma’ruf Amin Sah Jadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024

Jokowi-Ma'ruf-Amin
Jokowi dan Ma'ruf Amin siap dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, Minggu (20/10/2019) siang.
Jokowi-Ma'ruf-Amin
Jokowi dan Ma’ruf Amin siap dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, Minggu (20/10/2019) siang.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin resmi menjadi pemimpin baru Republik Indonesia.

Itu setelah keduanya mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Pengucapan sumpah berlangsung saat sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh Ma’ruf Amin.

Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula dengan Ma’ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

Setelah itu, Ma’ruf juga mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI. Dengan ini, Jokowi-Ma’ruf resmi menjadi Presiden-Wapres 2019-2024. Keduanya juga menandatangani berita acara pelantikan.

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma’ruf ini dihadiri oleh 16 pejabat dari berbagai negara, mulai kepala negara hingga utusan.
Pejabat dalam negeri juga hadir, termasuk Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Hadir pula rival Jokowi-Ma’ruf saat Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. (dtk/ysp)