25 radar bogor

Viral! Ki Sabdo Ngaku Disuruh Jokowi Panggil Nyi Roro Kidul Amankan Pelantikan

Nyi Roro Kidul
Lukisan Nyi Roro Kidul
Nyi Roro Kidul
Lukisan Nyi Roro Kidul

JAKARTA–RADAR BOGOR, Pengakuan Ki Sabdo membuat geger jagad maya. Ia mengaku disuruh Presiden Jokowi untuk melakukan ritual memanggil penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul.

Selain Nyi Roro Kidul, Ki Sabdo juga memanggil Nyi Blorong dan jin kayangan untuk mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden di gedung DPR/MPR, Minggu (20/10/2019) besok.

“Ini saya ritual terakhir di Gedung DPR ini. Gladi bersih, gitu. Jadi aku sudah mengecek, anak buah saya di sini, mulai Ratu Selatan, Nyi Roro Kidul, terus jin kayangan, dan lain-lain sudah ada di dalam maupun sekitarannya,” ucap Ki Sabdo, seperti dalam video yang viral di media sosial.

“Jadi mantap sudah, Jokowi pasti dilantik. Tidak ada halangan. Nanti yang menghalangi, itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya. Saya akan beresin,” tambahnya.

Video berdurasi 2 menit 16 detik itu menjadi perbincangan ramai di Twitter. Warganet menyorot Nyi Roro Kidul yang diundang ke gedung DPR/MPR untuk mengamankan pelantikan Presiden.

Keyword Nyi Rodo Kidul pun sempat trending topic urutan 4 di Twitter Indonesia pada Sabtu (19/10). Tak kurang dari 2.770 cuitan memperbincangkan Nyi Rodo Kidul.

Siapa Nyi Roro Kidul?

Dilansir dari Wikipedia, Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali.

Tokoh ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia) dan secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun beberapa kalangan sebenarnya keduanya berbeda.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain. Sedangkan Nyi Roro Kidul mulanya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tirinya.

Dalam perkembangannya, masyarakat cenderung menyamakan Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun dalam kepercayaan Kejawen, Nyi Roro Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul.

(one/pojoksatu)