25 radar bogor

Kecewakan Konsumen, Dewan Panggil Pengembang Perumahan Subsidi di Kemang

Surati-Pengembang
Berita acara yang disepakati antara pengembang, konsumen dan diketahui BPKN terkait dengan penyelesaian pengaduan konsumen.
Surati-Pengembang
Berita acara yang disepakati antara pengembang, konsumen dan diketahui BPKN terkait dengan penyelesaian pengaduan konsumen.

KEMANG-RADAR BOGOR, Setelah tiga tahun memberikan uang muka, namun hingga kini konsumen perumahan Grand Mulia Mekarwangi (GMM) Kemang belum juga mendapat kejelasan.

Oleh sebab itu, DPRD Kabupaten Bogor segera memanggil pengembang perumahan subsidi bermasalah di Kecamatan Kemang tersebut. Sebab, selama tiga tahun para konsumennya belum diberikan kejelasan mengenai unit rumah yang sudah mereka pesan.

“Kita panggil pengembangnya, PT Integra Sinar Abadi. Surat pemanggilannya segera dibuat untuk kita periksa semua, termasuk izin-izinnya,” kata Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, kasus tersebut akan menjadi prioritas pembahasan di Komisi III DPRD Kabupaten Bogor. Karena, berdasarkan laporan yang diterima, sudah banyak konsumen GMM yang kecewa, salah satunya karena sudah melunasi pembayaran DP, tapi rumah yang dipesan tak kunjung tersedia.

“Berkaitan dengan pelayanan publik, terlebih rumah subsidi ini bagian dari program pemerintan. Setelah komisi terbentuk, kasus ini yang pertama akan kita bahas di komisi,” ujarnya.

Seperti yang diketahui pada Juli 2019, PT Integra Sinar Abadi yang merupakan pengembang perumahan GMM dengan disaksikan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) telah menyepakati akan mengembalikan uang booking fee dan uang DP secara penuh yang telah dibayarkan oleh para konsumen.

Bahkan, pada surat kesepakatan yang ditandatangi 11 Juli 2019 itu, PT Integra Sinar Abadi menyanggupi untuk mengembalikan uang booking fee dan DP secara bertahap melalui cara transfer ke konsumen.

Sementara itu pihak pengembang sendiri belum bisa dimintai keterangan terkait keluhan konsumen tersebut. Radar Bogor sudah berusaha mengkonfirmasi.(nal/c)