Beranda Pendidikan

UNIDA Perkuat Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD di Cigudeg

Unida-Bogor
Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor perkuat kompetensi tenaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Cigudeg, Jumat (18/10/2019).

CIAWI-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor perkuat kompetensi tenaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di Kecamatan Cigudeg, Jumat (18/10/2019).

CSR Perguruan Tinggi merupakan respon sosial yang dilakukan terhadap lingkungan sekitar. Ini dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan pengabdian serta bertumpu pada bentuk tanggung jawab atas kehadiran Perguruan Tinggi untuk masyarakat.

UNIDA sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik ke-4 di Jabar dan Banten, ikut serta dalam CSR dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan berfokus pada peningkatan kompetensi tenaga pendidik dalam pengelolaan lembaga PAUD di kampung Nanggung, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Dalam program CSR ini, UNIDA ikut andil melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan yang diprakarsai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai pelaksana lapangan.

“Kami risau melihat guru-guru PAUD melakukan pengembangan di masing-masing PAUD secara otodidak, sehingga melalui CSR ini kami berfokus bagaimana memberikan keterampilan kepada tenaga pendidik dalam mengelola PAUD yang baik,” ujar Dosen FKIP UNIDA, Zahra Khusnul Latifah.

Pengabdian ini, sambungnya, dilakukan dalam rangka penguatan kompetensi guru PAUD dari aspek pengelolaan lembaga maupun pengajaran dan pembelajaran yang meliputi metode pengajaran, model pembelajaran, media pembelajaran dan kompetensi-kompetensi lain.

Ini diharapkan dapat memacu kreativitas dan inovasi guru PAUD di Kecamatan Cigudeg. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi keberlangsungan pendidikan PAUD dan menjadi stimulus bagi para tenaga pendidik untuk mengembangkan potensinya secara maksimal,” terangnya.

Melaluin kesempatan ini, terangnya, mereka juga berharap pemerintah mampu memberikn perhatian lebih kepada para tenaga pendidik PAUD. Pasalnya, sejatinya mereka adalah garda utama kesuksesan anak-anak generasi bangsa para serta calon pemimpin masa depan.

Dalam kegiatan tersebut jumlah peserta yang hadir sebanyak 16 orang dari guru dan Kepala Sekolah PAUD. Program yang dilakukan dalam pelatihan ini berfokus pada peningkatan kompetensi Pedagogik Guru PAUD dengan narasumber Teguh Prasetyo dan Manajemen PAUD berbasis Akreditasi Lembaga yang disampaikan oleh Abdul Kholik. Kedua narasumber merupakan Dosen FKIP UNIDA.

Rektor UNIDA Dr. Dede Kardaya menambahkan, CSR ini merupakan bentuk tanggungjawab UNIDA sebagai perguruan tinggi yang berkewajiban ikut serta memberikan pendidikan yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

“Hilirisasi dari penelitian serta pembelajaran kita, salah satunya bermuara pada pengabdian kepada masyarakat, sehingga segala bentuk disiplin ilmu yang kita teliti dan pelajari di UNIDA akan berujung pada pengimplementasian ilmu tersebut untuk kemanfaatan dalam kehidupan masyarakat,” terangnya.(pin/*)

Baca Juga