Beranda Metropolis Lurah Panaragan Terima Bantuan CSR Yamaha

Lurah Panaragan Terima Bantuan CSR Yamaha

Lurah Panaragan
Lurah Panaragan, Abdul Manan Tampubolon secara simbolis melaksanakan serah terima bantuan CSR dari Yamaha.

BOGOR-RADAR BOGOR, Lurah Panaragan, Abdul Manan Tampubolon secara simbolis melaksanakan serah terima bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa perbaikan dan penyediaan sarana prasarana Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dari Yamaha yang diwakili General Manager (GM) Yamaha Prima Utama, Refa Wisha Satrio.

Penyerahan dilaksanakan di depan Posyandu RT.03 RW.03, jalan Mantarena, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (16/10/2019) siang.

“Ini adalah bukti kolaborasi pemerintah dengan sektor swasta untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami di Kelurahan Panaragan mengucapkan terima kasih kepada pihak Yamaha Indonesia yang sudah memberikan bantuan CSR,” kata Manan sapaan akrabnya.

Manan menilai, ketika sumber-sumber dari pemerintah masih terbatas, pihaknya dapat mengelola dari sektor swasta sebagai bentuk tanggung jawab sosial, agar warga dapat merasakan keberadaan sektor swasta untuk membantu memberikan pelayanan kepada warga.

Adapun bantuan CSR yang diberikan bentuknya bisa beragam. Untuk saat kata dia, bantuan yang diberikan berupa perbaikan dan penyediaan sarana prasarana Posyandu yang rutin digunakan warga setempat.

Kedepan Manan berharap, ada titik-titik lain di Kelurahan Panaragan yang ingin dikerjasamakan dengan pihak swasta terkait fasilitas umum (fasum), diantaranya lapangan, gerobak sampah, taman bermain dan perbaikan sarana prasarana.

“Bantuan CSR ini diharapkan menjadi stimulan warga untuk lebih peduli terhadap sarana prasarana milik umum yang ada di wilayah masing-masing. Setelah diperbaiki mari kita jaga, kita rawat dan gunakan dengan baik sesuai peruntukannya sehingga bisa bermanfaat,” ujar Manan.

GM Yamaha Prima Utama, Refa Wisha Satrio mengutarakan, bentuk bantuan CSR yang diberikan pihaknya beragam, sesuai kebutuhan warga yang sebelumnya di survei dan koordinasikan dengan aparatur wilayah setempat.
Disamping adanya proses pemetaan data penjualan, karena harus diimbangi dari segi bisnis.

Melalui pemberian bantuan CSR yang diberikan, pihak Yamaha mencoba ikut andil membantu dan memberdayakan masyarakat melalui pendekatan yang berbeda. Salah satu contohnya di Kelurahan Babakan Pasar, selain renovasi Posyandu juga membantu perbaikan saluran air warga yang kedepannya akan digunakan untuk memelihara ikan.

Untuk di Panaragan kata Refa, bantuan yang diberikan berupa perbaikan posyandu dan kedepan ada titik-titik lain bantuan untuk sarana prasarana.

Selain di Kelurahan Panaragan, bantuan CSR diberikan pihak Yamaha kepada Kelurahan Bantarjati, Kelurahan Sindangsari dan Kelurahan Babakan Pasar. Diantaranya dua gerobak sampah dan jaring penahan sampah.

Kedepan kegiatan ini sambung Refa akan berlanjut terus, bahkan tidak menutup kemungkinan perusahaan-perusahaan finance Yamaha akan melakukan hal yang sama, dimana saat ini sedang diformulasikan rumus dan anggarannya.

“Di era saat ini, sangat dibutuhkan peran kerja sama antara pemerintah dengan sektor swasta, sehingga komunikasi yang terjalin menjadi lebih baik, dengan warga kami menjadi lebih dekat. Kedepan kita akan coba kolaborasi melalui keterlibatan warga dengan membuka peluang usaha melalui program yang dimiliki perusahaan, istilah kita ingin membantu memberdayakan masyarakat, kami berharap seluruh kelurahan di Kota Bogor bisa mendapat bantuan CSR,” kata Refa.

Apresiasi disampaikan Ketua RW.03, Aos Rosyid dan Ketua RT.03 yang merangkap Ketua Posyandu Mawar, Ai Afifah mewakili warga setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yamaha karena bisa membantu perbaikan posyandu. Untuk kekurangan yang belum ada akan kami coba untuk mengajak warga swadaya. Kedepan akan kami jaga serta rawat bersama-sama,” kata Afifah. (Humpro:rabas/indra-SZ)