25 radar bogor

Pendaftaran Oktober-November 2019, Pemkot Bogor Butuh 296 CPNS

Ilustrasi pendaftaran CPNS
Ilustrasi CPNS

BOGOR-RADAR BOGOR, Rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali digulirkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Rencananya rekrutmen abdi negara itu dibuka pada November 2019.

“Menurut informasi dari Menpan-RB, rencana penerimaan memang mulai akhir Oktober atau November dan pelaksanaannya menyebrang tahun,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Formasi Data dan Penatausahaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Aries Hendardi kepada Radar Bogor, Minggu (13/10/2019).

Aries menyebut bahwa formasi yang akan dibuka belum ditentukan. Termasuk kuota untuk masing-masing daerah. Namun jika melihat kebutuhan, formasi yang dibutuhkan sekitar 5 ribu orang.

“Kementerian, Lembaga dan Perangkat Daerah (K/L/PD) belum diberikan formasi oleh Menpan, tapi kebutuhan seluruhnya 5 ribuan,” tutur dia.

Aries menerangkan, hingga Oktober 2019 jumlah PNS Kota Bogor sebanyak 7.016 orang. Ada 296 orang pensiun reguler dan 27 orang meninggal dunia. Sementara untuk mengajukan formasi harus berdasarkan zero growth.

Artinya sesuai dengan jumlah pensiun pada tahun tersebut. Komposisinya 30 persen CPNS dan 70 persen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Makanya usulan formasi kami sama dengan jumlah pensiun yakni 296 orang, rinciannya 89 CPNS dan 207 PPPK yang terdiri dari tenaga pendidik dan tenaga kesehatan,” terangnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan sejumlah persiapan sambil menunggu tahapan yang akan dikeluarkan oleh Menpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Rapat juga kita menunggu undangan dari pusat, kalau sudah ada pembukaan pasti saya informasikan,” ungkapnya.

Sekedar informasi, pengumuman soal pembukaan rekrutmen CPNS dimulai akhir bulan ini. Sementara, untuk pendaftaran resmi dan proses administrasi dijadwalkan mulai pada November mendatang.

Total formasi CPNS 2019 yang akan dibuka sebanyak 197.111. Rinciannya 37.854 formasi untuk kementerian/lembaga dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi. Namun jumlah tersebut belum pasti. Sebab masih dalam tahap finalisasi hingga saat ini. (gal/c)