Beranda Bogor Raya

Cisarua Siaga Bencana, Camat Intruksikan Kades Imbau Warga Agar Waspada

Warga melintas di area tanah longsoran di kawasan Puncak, beberapa waktu lalu.

CISARUA-RADAR BOGOR, Mengantisipasi ancaman bencana, sejumlah Muspika yag berada di Kawasan Puncak Cisarua terus mengintruksikan ke sejumlah kepala desa untuk mengimbau warganya agar waspada saat hujan deras turun.

Seperti di kecamatan Ciawi. Camat Ciawi, Agus Hasan Slamet beserta jajarannya meminta agar kepala desa menyampaikan siaga bencana terhadap masyarakatnya, melalui RT dan RW juga Kadus.

“Bencana tidak bisa dihindarkan. Namun, kita harus selalu waspada. Agar bencana yang menimpa, tidak menimbulkan korban jiwa. Untuk itu, kita mengoptimalkan desa siaga bencana yang sudah terbentuk selama ini,” katanya kepada Radar Bogor, Sabtu (12/10/2019) .

Ia menegaskan, koordinasi sangat penting untuk merespon cepat bencana. Ia menjabarkan, jika diwilayahnya terjadi bencana, langsung segera ditangani.

“Harus cepat dalam penanganan bencana ini. Agar tidak timbul korban jiwa,” jelanya.

Hal senada dikatakan Camat Ciomas, Chairuka. Kepada Radar Bogor, ia menuturkan, Kecamatan Ciomas merupakan lintasan angin puting beliung, juga daerah rawan longsor.

Salah satunya di Desa Ciomas dan Desa Pagelaran. Dua desa ini langganan puting beliung dan bencana longsor

. “Desa tanggap bencana sudah ada selama ini. Kita akan optimalkan ini untuk mengantisipasi timbulnya korban saat bencana alam terjadi,” tutur Mantan Camat Leuwiliang itu, kepada Radar Bogor, Sabtu (12/10).

Ia menjabarkan, desa tanggap bencana ini sudah ia terapkan selama menjadi camat di Tamansari juga di Leuwiliang yang notabene daerah rawan bencana.

“Begitu ada laporan langsung bergerak ke lokasi. Juga seluruh kepala desa hingga staf desa juga ikut andil dalam mengingatkan warganya untuk lebih berhati-hati,” jelasnya.

Camat Tamansari, Bayu Ramawanto menurutkan, kecamatan Tamansari merupakan daerah yang memiliki potensi bencana longsor.

Ia pun terus berkordoninasi dengan pemerintah desa juga polsek Tamansari dan Koramil. “Selain mengingatkan, juga bisa merespon lebih cepat akan bencana yang terjadi,”ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan, Kasi Trantib Kecamatan Cijeruk, Iwan Relawan. Peringatan sejak dini bencana menjadi hal yang paling penting agar tidak menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu, ia bersama Camat Cijeruk meminta untuk seluruh masyarakat agar tanggap bencana. (all/c)

Baca Juga