Beranda Berita Utama Tahun 2021, Stasiun Manggarai jadi Stasiun Sentral

Tahun 2021, Stasiun Manggarai jadi Stasiun Sentral

Penumpang KRL saat menunggu kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019). Stasiun Manggarai bakal mengambil alih peran Stasiun Gambir sebagai persinggahan dan persimpangan utama kereta terutama jarak jauh di DKI Jakarta mulai 2021. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Stasiun Manggarai, dipastikan menjadi stasiun sentral pada 2021 mendatang menggantikan Stasiun Gambir, Jakarta. Hasil kajian dan studi Kementerian Perhubungan menyebut Stasiun Manggarai dinilai paling layak menjadi stasiun utama ibu kota.

Kasubag Humas Direktorar Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Supandi membantah rencana itu ‘ujug-ujug’ ada. Tetapi hasil dari kajian dan studi yang Kementerian Perhubungan beberapa tahun lalu.

“Hasil kajian serta studi, dari banyak stasiun di Jakarta yang paling pas untuk dikembangkan jadi stasiun sentral adalah Manggarai,” kata Supandi saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (9/10) siang.

Stasiun Manggarai dengan lintasan eksisting jadi titik pertemuan kereta dari Bogor, Bekasi, Tanah Abang dan Jakarta Kota. Kondisi itu tidak terjadi Stasiun Gambir yang selama ini diposisikan sebagai stasiun sentral.

Stasiun Manggarai dilintasi oleh kereta rel listrik (KRL) Commutter Line, KA jarak jauh, kereta angkutan barang dan KA Bandara untuk rute Stasiun Manggarai – Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pantauan JawaPos.com, saat ini, proses pembangunan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral masih berlangsung. Diperkirakan akan beroperasi penuh pada 2021 mendatang. Namun, yang paling mendesak terlihat pada perlintasan 6, 7, dan 8. Proses pembangunan bisa membahayakan pengguna kereta yang melintas di sana. (JPG)