25 radar bogor

Puncak Diselimuti Kabut, Warga Gagal Rasakan Hari Tanpa Bayangan

Cuaca di kawasan Puncak
Ilsutrasi Kondisi cuaca di kawasan Puncak Cisarua.
Kondisi cuaca Puncak Cisarua diselimuti kabut Kamis (10/10/2019).

CISARUA-RADAR BOGOR, Fenomena Alam Hari Tanpa Bayangan, atau Kulminasi Kamis (10/10/2019) tidak dapat dinikmati penuh oleh warga Puncak Cisarua dan sekitarnya. Hal itu lantaran kondisi cuaca di Bogor yang diselimuti kabut mendung.

“Saat ini Bogor dan sekitarnya sedang mendung. Sehingga fenomena tersebut kurang begitu jelas bisa diamati oleh masyarakat,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Asep Firman Ilahi, kepada Radar Bogor, Kamis (10/10/2019).

Ia menuturkan, hal itu akibat dari adanya gangguan udara berupa sirkulasi tertutup di sekitar Kalimantan. Sehingga menimbulkan efek perlambatan masa udara dari Selatan yang mengakibatkan pertumbuhan awan hujan di daerah Jawa Barat bagian barat.

“Makanya hari ini cuaca terasa lebih panas walau tertutup mendung. Membuat tingkat penguapan lebih tinggi,” jelasnya.

Sementara itu pantauan Radar Bogor, kondisi Puncak Bogor, mulai dari Kecamatan Megamendung hingga Kecamatan Cisarua diselimuti oleh awan mendung serta beberapa wilayah diguyur hujan.

Tidak hanya itu, di kawasan kebun teh Puncak Pass, juga diselimuti kabut. Namun untuk suhu sendiri berada di antara 28-30 derajat selsius. “Iya, Puncak dan sekitarnya sore ini (kemarin, red) diguyur hujan,”tukasnya. (all/c)