25 radar bogor

Ekonomi Digital Membuat Uang Sekecil Apa pun Jadi Berharga

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA – RADAR BOGOR, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi sejumlah e-commerce yang memberikan fasilitas dan kemudahan masyarakat membayar pajak. Saat ini pembayar pajak sangat mudah cukup melalui gadget.

Perempuan yang karib disapa Ani itu mengaku tidak bisa membayangkan jadi seorang menteri keuangan 20 tahun silam. Saat itu belum ada teknologi digital dan e-commerce.

Bayangkan kalau saya jadi menteri 20 tahun lalu. Pertama akan buat tim pengkaji, tim ini studi banding ke perusahaan dan luar negeri, 6 bulan kemudian presentasi, laporan,” ungkap Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (10/10).

Tahapan selanjutnya adalah procurment (pengadaan). Dengan tahapan itu, lanjut Sri Mulyani, dibutuhkan waktu 2 tahun hanya untuk memmudahkan masyarakat dalam membayar pajak.

Tak hanya itu, di mata mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu, ekonomi digital membuat uang nominal sekecil apa pun menjadi berharga dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Saya melihat orang-orang beli emas dengan uang Rp 10 ribu. Saya bayangin gimana caranya. Ternyata jadi beli 0,00001 gram. Itu diakumulasikan dan it is safe,” tegas dia.

Diketahui, Sri Mulyani menghadiri diskusi yang digelar e-commerce Tokopedia. Salah satu fasilitas yang disediakan Tokopedia adalah bayar pajak kendaraan bermotor yang telah diterapkan di Jawa Barat.

Sekarang salah satu layanan dari Tokopedia pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sudah diterapkan di Jawa Barat dan itu diminati masyarakat,” ungkap Co-founder Tokopedia William Tanuwijaya.(JPG)