25 radar bogor

Inkubator Bisnis IPB University Terima Award dari ICSB Indonesia

BOGOR-RADAR BOGOR,Inkubator Bisnis (incuBie) IPB University menerima penghargaan dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Penganugerahan ICSB Indonesia Presidential Award ini diserahkan oleh Wali Kota Bogor Dr Bima Arya kepada Direktur Kawasan Sains Teknologi dan Inkubator Bisnis Dr. Rokhani Hasbullah dengan disaksikan oleh Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya di Bogor (7/10).

ICSB adalah sebuah organisasi non-profit dunia yang mempunyai tujuan untuk melanjutkan pendidikan manajemen bagi pengusaha dan usaha kecil menengah. Dewan ini didirikan pada tahun 1956 untuk membantu meningkatkan pengetahuan dari usaha kecil menengah untuk sukses dan memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi kemakmuran negara.

“Pemberian apresiasi dan penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2019 kepada Inkubator Bisnis IPB University untuk kategori Researcher/Academician ini karena dedikasi dan komitmennya dalam mendukung kemajuan usaha kecil menengah di wilayah kerjanya. Inkubator Bisnis IPB University atau dikenal dengan nama incuBie secara konsisten menyelenggarakan program inkubasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sejak tahun 1994 dan telah menghasilkan sebanyak 265 perusahaan atau startup. IncuBie IPB University telah merancang dan mengimplementasikan program inkubasi bisnis bagi tenant selama satu sampai tiga tahun dan program akselerasi bisnis untuk mempercepat pengembangan bisnis tenant dan para pelaku UKM,” ujar Dr Rokhani.

Program inkubasi meliputi kegiatan pendampingan day-to-day dalam hal teknis produksi, legalitas usaha, ijin edar produk, manajemen usaha, promosi dan pemasaran, fasilitasi pembiayaan dan business matching. Program akselerasi bisnis merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan layanan program pengembangan bisnis melalui training, coaching, mentoring dan business matching (membangun kerjasama) melalui kolaborasi dengan mitra industri maupun lembaga permodalan.

“Program inkubasi bisnis selama tiga tahun secara signifikan mampu meningkatkan jumlah mitra, tenaga kerja, omset dan valuasi bisnis dari UKM peserta inkubasi. Semoga melalui program inkubasi bisnis ini diharapkan akan tercipta ekosistem inovasi yang pada akhirnya dapat menumbuh-kembangkan UKM yang inovatif, mandiri dan berdayasaing di tingkat global,” tambahnya. [stp-ipb/Zul]