Beranda Bogor Raya

16 Jam Kawasan Gunung Kanaga Tanjungsari Terbakar, 30 Hektare Ludes 

Petugas Damkar Kabupaten saat memadamkan api yang membakar 30 hektare di Gunung Kanaga, kemarin.

TANJUNGSARI-RADAR BOGOR, Kebakaran yang menghanguskan 30 hektare lahan di Gunung Kanaga, di Desa Antajaya, Kecamatan Tanjungsari, sejak Sabtu (5/10) masih berlanjut hingga Senin (7/10).

Gunung Kanaga Tanjungsari Hangus Dilumat Api, Lihat Videonya

Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hassan menjelaskan,Hingga Senin (7/10) sekira pukul 12.00 WIB api berhasil dipadamkan.

Namun sayang, kondisi kebakaran ini kerap menyusul lantaran cuaca pada musim kemarau ini terlalu panas menyengat. Ditambah dengan kencangnya angin, dapat kembali menimbulkan kobaran api. “Lahan baku sekitar 77,3 hektare,” ujarnya.

Peristiwa kebakaran ini diperkirakan terjadi kurang lebih 16 jam. Sumber penyebab terjadinya kebakaran hingga saat ini belum dapat dipastikan.

Yani mengungkapkan, penanggulangan yang dilakukan pihaknya langsung turun ke titik lokasi api untuk melakukan pemadaman. Konsolidasi para petugas juga dilakukan, menyusul koordinasi dengan berbagai pihak lainnya. Seperti Muspika Kecamatan.

Penanggulangan peristiwa tersebut, melibatkan 102 personil. Diantaranya 17 petugas perhutani, 70 masyarakat, BPBD dan Damkar Kabupaten 20 orang.

“Tenaga Perbantuan yang terlibat 85 orang. Peralatan pemadaman yang digunakan dua unit mobil BPBD dan dua unit Damkar, Semprotan dan lainnya,” ungkapnya.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani menambahkan, kondisi cuaca seperti ini mengkhawatirkan api susulan dapat timbul kembali di sore hari akibat hembusan angin yang begitu kencang. “Trennya tiap menjelang magrib api menyala dengan hembusan angin kencang,” bebernya.

Untuk pencegahannya, BPBD mengerahkan kan tim TRC BPBD berjaga di lokasi tersebut. Meraka dilengkapi dengan satu unit semprot air, dua unit tangki air dan satu ambulance. “Ada juga siaga dari petugaa perum perhutani, satpol PP setempat, aparatur desa, masyarakat dan petani penggarap,” tukasnya.

Sementara itu, Humas Polres Bogor AKP Ita Puspitasari menegaskan, kejadian tersebut akan ditindak lanjuti, terkait indikasi dugaan bencana kebakaran tersebut. (rp1/c)

Baca Juga