25 radar bogor

Hadiri Raker PWI Kota Bogor, Dedie Berpesan Jaga Integritas

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja (Raker) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor ke-1 di Salak Hotel Pajajaran, Sabtu (05/10/2019) pagi.

Pada kegiatan itu, turut dihadiri pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto dan sejumlah pejabat lingkup Pemkot Bogor serta perwakilan PWI Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Dedie mengapresiasi kegiatan Raker perdana yang diselenggarakan oleh PWI Kota Bogor ini. Ia menilai, semangat dan perjuangan para jurnalis dalam membangun gedung serta menghidupkan kembali organisasi profesional tersebut.

“Saya telah mengikuti proses dari PWI ini yang pada awal mula gedungnya hancur tahun lalu, kemudian saya melihat semangat dan daya juang dari PWI. Akhirnya saya melihat secara jelas dari gedung yang runtuh, tidak runtuh, kemudian dikelola sedemikian rupa, dikonsolidasikan dengan beberapa pihak, dan akhirnya jadi,” ujar Dedie.

Dengan mengusung tema Optimalkan Sinergitas dan Loyalitas, Ciptakan Wartawan yang Profesional dan Sejahtera, Dedie berharap, profesi wartawan harus memiliki sikap dan nilai-nilai integritas.

“Yang pertama gini, sikap dasar wartawan yang pertama adalah kejujuran. Itu harus diperhatikan. Kemudian yang kedua adalah nilai integritas,” katanya.

Menurut Dedie, nilai-nilai integritas ada sembilan, antara lain jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Nilai tersebut harus dimiliki oleh wartawan.

“Jadi integritas sendiri nilainya ada 9, makanya wartawan harus mempunyai itu semua. Yang terakhir juga penting, yaitu setia pada keadilan. Ini harus dilakukan dimana wartawan atau pers sebagai pilar ke-4 demokrasi itu harus benar-benar ditanamkan didalam jiwa seorang wartawan,” tegasnya. (Humpro :Alif/Ryan-SZ)