25 radar bogor

Tiga WNI Tewas Saat Insiden Jembatan Runtuh di Taiwan, Ini Videonya

Jembatan roboh di Taiwan tewaskan tiga WNI. (AP)

TAIWAN-RADAR BOGOR,Sebuah Jembatan di Taiwan tersebut ambruk pada Selasa (1/10/2019) sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Insiden ini bermula ketika sebuah truk tangki bahan bakar minyak tengah melintas di atas jembatan itu.

Sesaat sebelum mencapai ujung jembatan, truk itu mendadak mundur dan akhirnya jatuh bersama dengan jembatan yang roboh.

Sejumlah kapal nelayan yang berada di bawah jembatan tertimpa reruntuhan. Menurut juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran, Su Hong-wei, truk tangki itu menimpa tiga kapal nelayan.

Operasi pencarian korban insiden jembatan ambruk di Kota Nanfang’ao, Yilan, Taiwan, diakhiri. Kamis (3/10) tim SAR berhasil menemukan korban hilang terakhir. ABK dari Filipina itu ditemukan tidak bernyawa.

Menurut Agence France-Presse, penemuan jenazah ABK Filipina di perairan sekitar jembatan tersebut mengakhiri operasi yang berjalan tiga hari belakangan. Kini otoritas fokus melakukan investigasi terkait dengan ambruknya jembatan itu.

Mereka juga telah menetapkan kompensasi yang akan diberikan kepada keluarga korban. Menurut National Fire Agency, setiap keluarga korban meninggal bakal mendapatkan uang santunan 5 juta dolar Taiwan alias Rp 2,2 miliar.

Insiden di pesisir timur Taiwan tersebut merenggut 6 korban jiwa dan melukai 12 lainnya. Tiga di antara korban meninggal merupakan ABK WNI. Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menuturkan, jenazah korban sudah berada di RS Veteran di Yilan.

”KDEI Taipei berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk mengurus repatriasi jenazah serta hak para korban,” ungkapnya.

Judha juga memastikan tidak ada TKI ilegal dalam insiden tersebut. Tiga korban meninggal dan empat WNI yang mengalami luka-luka merupakan ABK resmi yang bekerja di kapal ikan berbendera Taiwan tersebut.

Ini video jembatan di Taiwan runtuh dan tewaskan tiga WNI.

https://www.instagram.com/p/B3Mg_wqn1W4/

(cnn/ysp)