25 radar bogor

Tertembak Peluru Karet, Wartawati Asal Indonesia Tak Dapat Melihat

Jurnalis asal Indonesia tertembak saat liput unjuk rasa di Hongkong

JAKARTA-RADAR BOGOR,Jurnalis asal Indonesia, Veby Mega Indah, yang tertembak peluru karet saat meliput demonstrasi di Hongkong, tak akan bisa melihat dengan sempurna lagi.

Sebab, menurut dokter yang merawatnya, mata kanan Veby cedera parah hingga tak lagi bisa melihat.

Hal tersebut disampaikan Michael Vidler, pengacara Veby. Dia mengatakan, pupil mata kanan Veby robek karena hantaman dahsyat.

”Seberapa parah kerusakan akan diketahui setelah operasi dilakukan,” tulisnya dalam pesan singkat yang beredar.

Vidler juga mengatakan bahwa pihaknya sudah memegang bukti terkait amunisi yang ditembakkan dalam insiden Minggu lalu (29/9).

Menurut dia, yang menembus kacamata pelindung Veby bukan peluru tumpul (bean bag) seperti dugaan awal. Namun, proyektil karet. ”Kami menerima bukti tersebut dari pihak ketiga,” ungkapnya.

Veby terluka saat meliput unjuk rasa akhir pekan di Hongkong. Jurnalis Suara, media berbahasa Indonesia di Hongkong itu sebenarnya sudah mengenakan rompi neon dengan tulisan press dan tanda pengenal. Dia juga berkumpul di antara para jurnalis.

Namun, dalam video yang diunggah kanal YouTube BarryMa TV, terlihat polisi sengaja membidik kumpulan wartawan. Seorang polisi terlihat menembakkan senjatanya sembari turun dari tangga.

Sementara itu, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI Joedha Nugraha mengatakan sedang berkoordinasi untuk memastikan kabar tersebut. (JPG)