25 radar bogor

Tim Pengelola JIPI Studi Tiru ke ITB

JAKARTA-RADAR BOGOR,Tim pengelola Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University yang terdiri dari Prof.Dr. Agik Suprayogi, M.Sc.Agr, Wakil Kepala LPPM Bidang Penelitian, Lia Maulianawati, AMa, Koordinator Sekretariat JIPI, Firda Sabrina, SPt, Admin JIPI, dan Ayu Sri Rahayu, A.Md, Sekretariat JIPI, dan Syaiful Bakhri, Sekretariat JIPI melakukan kegiatan studi tiru ke LPPM Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mempelajari mekanisme pengelolaan jurnal bereputasi internasional yang telah dilakukan oleh LPPM ITB, Jumat (27/9).

Dalam kunjungan tersebut, Prof Agik menyampaikan tujuan studi banding ke LPPM ITB untuk belajar dan menggali informasi bagaimana proses pengelolaan jurnal sehingga artikel dapat terbit dalam waktu yang tidak lama dan mengetahui tahapan apa yang perlu dilakukan sehingga jurnal dapat terindeks Scopus. “Kami berharap dengan dilaksanakannya studi tiru ini, JIPI dapat bertambah kapasitas jurnalnya sehingga dapat meningkat status akreditasi jurnal menjadi Sinta 1 (S1) dan dapat berlanjut terindeks Scopus,” jelas Prof Agik.

Kunjungan Tim JIPI LPPM IPB diterima langsung oleh Dr Delik Hudalah, ST, MT, MSc, Sekretaris Lembaga Bidang Continuing Education, Prof. Edi Suwono, PhD, Koordinator Jurnal, Dini Sofiani Permatasari, SSi, MT dan tim. LPPM ITB menyambut baik kegiatan studi tiru tersebut.

“Sampai dengan tahun 2019, LPPM ITB tercatat telah memiliki lima jurnal, empat jurnal telah terindeks scopus dan satu terindeks Sinta 2 (S2). Kami meyakini kegiatan studi banding LPPM IPB ke LPPM ITB ini dapat dijadikan sebagai bentuk pembelajaran bagi kedua belah pihak dalam pengelolaan jurnal ke arah yang lebih baik,” ujar Dr Delik dalam sambutannya. Pada kesempatan tersebut, pengelola JIPI berdiskusi dan menggali informasi terkait manajemen proses pengelolaan naskah jurnal, termasuk kiat-kiat agar naskah yang ada dapat terbit dengan cepat dan terindeks Scopus. (LM/WD/ris)