Beranda Bogor Raya Tekan Kemacetan Puncak, BPTJ Luncurkan Angkutan Bus Jakarta-Cisarua

Tekan Kemacetan Puncak, BPTJ Luncurkan Angkutan Bus Jakarta-Cisarua

Kondisi lalu lintas menuju kawasan Puncak Bogor. Sofyansyah/Radar Bogor

coupon for plaquenil http://bridgestomalawi.org/photo-albums/dscn1837/ CISARUA-RADAR BOGOR, Upaya mengatasi kemacetan di Kawasan Puncak terus dilakukan pemerintah. Teranyar, melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan layanan angkutan umum massal dengan Rute Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan menuju Taman Safar Bogor, Kabupaten Bogor.

imp source “Hari ini kita sudah mulai. Ada 20 bus yang siap beroprasi dengan rute Blok M-Cisarua. Kita bekerjasama dengan Perusahaan Otobus (PO) yang ada supaya orang terbiasa dengan angkutan umum,” katanya kepada Radar Bogor, Sabtu (28/9/2019).

Lebih lanjut, ia menambahkan, saat ini baru satu PO yang menyediakan angkutan masal. Yakni PO Bigbirt. Namun, ia berjanji akan terus menambah armada angkutan masal di jalur puncak.

“Nanti akan hadir PO lainnya seperti Lorena, Sinar jaya, Hiba Utama dan Agramas. Mereka sudah komit juga membuat program baru untuk tujuan Puncak,” tutunrya.

Diharapkan agar masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi menuju angkutan massal menuju destinasi wisata di Puncak Bogor.

Dalam penyediaan layanan angkutan umum tersebut, BPTJ mengandeng PO Big Bird sebagai operator. Biaya paket perjalanan layanan bus itu Rp 400 ribu per orang.

Paket tersebut sudah termasuk tiket perjalanan pulang pergi (PP), tiket masuk Taman Safari, dan makanan ringan. Layanan ini beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu, berangkat dari Pasaraya Blok M pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, Direktur Bluebird Sigit Djokosoetono menuturkan, tingginya volume kendaraan pribadi merupakan penyebab kemacetan di kawasan Puncak yang harus dicarikan solusi.

Untuk itu salah satu solusi yang diupayakan adalah dengan menyediakan layanan angkutan umum massal supaya masyarakat mau berpindah dari kendaraan pribadi. Bigbirt sendiri sudah memiliki Jalur puncak, Sentul Bogor.

“Kita sadar bahwa mengajak masyarakat berpindah dari kendaran pribadi ke angkutan umum massal bukan pekerjaan mudah. Ini tidak hanya sebatas mengubah lifestyle atau gaya hidup namun juga mindset dalam bertransportasi,” kata Bambang.

Selain itu, Untuk mengawali hal tersebut, pihaknya harus menawarkan layanan angkutan umum massal yang mampu bersaing dengan kenyamanan kendaraan pribadi. Ia berharap layanan bus rute Pasaraya Blok M – Taman Safari itu menjadi pilihan bagi masyarakat.

“Selain Taman Safari rute wisata yang bisa dikunjungi , seperti Cimory, dan setelah itu wisata oleh-oleh sebelum kembali ke Jakarta,”tutupnya. (all/ded/c)