25 radar bogor

Bantu Sesama, RS EMC Bakti Sosial Operasi Hernia dan Bibir Sumbing Gratis

BABAKANMADANG-RADAR BOGOR, Banyak cara untuk membantu sesama. Kali ini, RS EMC Sentul bersama Alfa Omega Peduli dan Smile Train melaksanakan bakti sosial operasi hernia dan bibir sumbing gratis kepada masyarakat kurang mampu, sejak Sabtu (28/9)- Minggu (29/9).

Kuota yang disediakan sebanyak 70 orang. Direktur RS EMC Sentul Dr. G.A Kusmiati, MARS mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan. Dalam setahun, RS EMC Sentul bisa melaksanakan tiga hingga empat kali.

“Semoga ini (operasi,red) mampu berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang mengalami hernia dan kelainan bibir sumbing agar dapat hidup nyaman dan tersenyum bahagia,” katanya kepada Radar Bogor, Sabtu (28/9/2019).

Para pasien dijaring oleh Alfa Omega Peduli. Pesien yang mengalami hernia dan bibir sumbing menjalani screening terlebih dahulu untuk menentukan apakah dapat dilakukan tindakan operasi atau tidak.

Sementrara itu, Dokter Bedah Umum RS EMC Sentul Dr. Wendell Ken, Sp.B menuturkan, Hernia adalah penyakit akibat turunnya buah zakar seiring melemahnya lapisan otot dinding perut. “Penderita hernia kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak,” paparnya.

Sedangkan, bibir sumbing merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi. Sumbing dapat terjadi pada bibir, langit-langit mulut (palatum), ataupun pada keduanya. “Penanganan sumbing adalah dengan cara operasi,” pungkasnya. (all/c)