Beranda Metropolis Layanan BPN Bisa Diakses lewat Aplikasi

Layanan BPN Bisa Diakses lewat Aplikasi

Aplikasi sentuh tanahku. (https://www.atrbpn.go.id)

http://uniformesmaqnoh.com/pk BOGOR–RADAR BOGOR,Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Bogor resmi menerapkan pelayanan pertanahan terintegrasi secara elektronik. Penerapan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik itu bersamaan dengan peringatan Hari Pertanahan dan Tata Ruang (Hantaru) 2019 tingkat Kota Bogor, Selasa (24/9).

rencontre avec joe black bande annonce vostfr Kepala BPN Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh mengatakan, dengan penerapan itu, maka ATR/BPN Kota Bogor sudah mendata semua berkas pertana­han warga untuk dimasukkan ke dalam arsip elektronik. Program tersebut diterapkan bukan hanya di Kota Bogor. Melainkan sudah di 34 kantor ATR/BPN se-Indonesia. “Ino­vasi terbaru ini sesuai dengan tema Hantaru yang diusung, yakni ATR/BPN menu­ju penata­an ruang dan pela­yanan perta­na­han yang berke­pastian hu­kum dan modern,” ujarnya kepada Radar Bogor usai melak­sanakan upacara pering­atan Hantaru 2019 di Gedung Aula Sudirman Pusdikzi.

film lesbiennes francaises Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Infrastruktur Pertanahan ATR/BPN Kota Bogor, Yoga Munawar menambahkan, ada beberapa pelayanan yang sudah mulai dilaksanakan secara elektronik. Seperti pelaya­nan hak tanggungan, peningkatan hak dan surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT) serta informasi zona nilai tanah.

Sehingga, masyarakat yang membutuhkan pelayanan tersebut tak perlu lagi menda­tangi Kantor ATR/BPN. “Pemo­hon cukup membuka aplikasi berkas-berkas, lalu di-upload, nanti akan muncul sertifikat elektronik. Jadi tanpa tanda tangan dan ketemu dengan pemohon,” jelas dia.

Selain memudahkan pemo­hon, Yoga mengungkapk­an bahwa aplikasi layanan elek­tronik tersebut bermanfaat untuk meminimalisir berkas pemohon di ruang arsip. Karena sudah dalam bentuk digital. Di sisi lain, digitalisasi tersebut juga membuat interaksi antara pegawai dengan pemohon tak lagi dilakukan. “Sementara ini baru ada empat layanan saja tapi kede­pannya diterapkan untuk semua layanan yang ada di BPN dan sekarang se­dang proses transisi,” pungkasnya.(gal/c)