Beranda Metropolis

Kenalkan Laboratorium Riset Unggulan, AR Lab IPB University Gelar Seminar Spektrometri Massa Resolusi Tinggi

BOGOR-RADAR BOGOR,Unit Laboratorium Riset Unggulan (AR Lab) IPB University gelar seminar dan workshop Spektrometri Massa Resolusi Tinggi dalam Riset Metabolomik di Kampus Dramaga, Bogor (6/9). Seminar hasil kerjasama dengan AR Lab IPB University dengan PT Genecraft Labs ini bertujuan untuk memperkenalkan AR Lab kepada dosen, mahasiswa dan stakeholders lainnya.

Seminar ini menghadirkan Goh Lin-Tang, Ph.D, Senior Manager (SEA) Thermo Fisher Scientific, dengan materi berjudul Introduction & Latest Omic Development based on Orbitrap Mass Spectrometry, Dr Mohamad Rafi dari IPB University dengan materi berjudul Aplikasi Q-Exactive Plus Orbitrap HRMS untuk Metabolomik Tumbuhan Obat dan Rudi Heryanto, SSi., MSi dari IPB University dengan materi berjudul Aplikasi Q-Exactive Plus Orbitrap HRMS untuk Metabolomik – Homestasis.

Menurut Kepala Unit Laboratorium Riset Unggulan (AR Lab), Dr Ir Kiagus Dahlan dalam sambutannya menyampaikan bahwa AR Lab terbuka untuk menjalin kolaborasi dengan institusi lain untuk pengembangan riset di Indonesia.

Dalam seminar ini Goh Lin-Tang, Ph.D menyampaikan mengenai perkembangan LC MS dan kelebihan orbitrap sebagai spektrometer massa terbaru yang menghasilkan data massa-resolusi tinggi dan akurat, sehingga meningkatkan sensitivitas dalam deteksi jejak analit, karakterisasi dan kuantisasi dan analisis sampel yang komprehensif.

Selanjutnya aplikasi yang disampaikan oleh Dr. Mohamad Rafi dan Rudi Heryanto dari IPB University.

Selain itu, aplikasi dari omics dengan LC MS-MS yang disampaikan oleh kedua narasumber dari IPB University berkaitan dengan bidang metabolomik tumbuhan obat dengan melihat profil senyawa yang terkandung dalam tumbuhan obat dengan bagian tumbuhan yang berbeda. Bidang homeostatis yang disampaikan dalam seminar ini terkait stabilitas atau keseimbangan profil metabolit dalam suatu sistem.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan alat untuk metabolomik yaitu kromatografi cair spektrometri massa resolusi tinggi, kromatografi gas spektrometri massa, dan kromatografi cair kinerja tinggi.(**/Zul)

Baca Juga