Beranda info bogor

Iklan Kosmetik dan Obat Penurun Berat Badan Bakal Dibatasi Oleh Instagram, Alasannya Ini

ilustrasi instagram

JAKARTA-RADAR BOGOR,Instagram selain sebagai media sosial untuk mengikuti perkembagan public figure, juga menjadi platform yang menguntungkan bagi pelaku usaha.

Salah satunya industri kosmetik dan kecantikan untuk menggaet pembeli. Namun kini medsos berbagi foto dan video itu bakal membatasi iklan di platform-nya. Terutama untuk kosmetik.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari Ubergizmo, Selasa (24/9), Instagram akan membatasi iklan kosmetik di platform-nya. Pembatasan berlaku bagi penggunanya yang memiliki usia di bawah 18 tahun.

BuzzFeed melaporkan bahwa Instagram mengumumkan kebijakan baru yang akan mengatur konten untuk pengguna di bawah 18 tahun. Pembatasan ini sepenuhnya ditujukan pada posting yang mempromosikan produk penurunan berat badan atau diet dengan cara apa pun.

Tidak hanya terbatas pada itu, tetapi juga kosmetik dan promosi konten serupa lainnya. Dengan kata lain, apa pun yang mempromosikan produk dengan harga akan berpotensi diblokir.

Selain Instagram, kebijakan ini juga akan diterapkan untuk Facebook. Hal tersebut disampaikan Ryan Broderick, jurnalis BuzzFeed News yang melihat perubahan di platform tersebut.

Dalam sebuah pernyataan oleh manajer kebijakan publik Instagram, Emma Collins menyebutkan bahwa perubahan ini dilakukan untuk mengatasi metode pemasaran influencer di platform. Collins juga menjelaskan bahwa mereka ingin Instagram menjadi tempat yang positif.

Kebijakan baru sudah berlaku, namun dalam beberapa minggu mendatang, sebuah sistem akan diperkenalkan untuk melengkapi pengguna dalam melaporkan unggahan yang melanggar kebijakan ini. Kebijakan baru akan mencegah selebriti, influencer, atau siapa pun yang memengaruhi user lainnya dengan mempromosikan produk tidak berdasar hanya demi uang.

Misalnya saja keluarga Kardashian yang mempromosikan produk penurunan berat badan yang jenis dan efeknya mungkin tidak tepat bagi pengguna dengan usia di bawah 18 tahun. Seperti sudah disinggung di atas, pembatasan ini berlaku bagi promosi produk lainnya dengan topik yang diatur pada konten Instagram secara umum.

Perubahan ini tentu saja menuai pro dan kontra. Namun para selebriti dunia dikatakan memuji langkah Instagram tersebut. Hal ini untuk melaporkan praktik pemasaran influencer yang memengaruhi pengguna di bawah 18 tahun. (jpg/net/ysp)

Baca Juga