Beranda Bogor Raya

Bendera Raksaksa Berhasil Diterbangkan di Lanud Atang Sendjaja

Bendera raksasa berhasil diterbangkan dengan menggunakan pesawat Helikopter Super Puma yang dipiloti Mayor Pnb Nugroho dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, kemarin.

KEMANG-RADAR BOGOR, Bendera berukuran 30×20 meter yang digunakan dalam pelaksanaan latihan giant flag underslung berhasil diterbangkan dengan menggunakan pesawat Helikopter Super Puma yang dipiloti Mayor Pnb Nugroho dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, kemarin.

Pelaksanaan latihan diawali dengan penggelaran sling dan bendera di lokasi pengangkutan. Setelah siap, helikopter take off dari Main Apro, dan setelah berada di atas Sling Flag dan pemasangan Apex sling pada hook pesawat oleh hookman dilanjutkan pesawat hover Out ground effect (OGE) hingga ballast weight terangkat.

Selanjutnya tiga orang personel ground crew menarik velcro release rope hingga seluruh velcro terlepas dan bendera berkibar oleh kecepatan pesawat saat take off towering.

“Setelah misi operasi giant flag underslung selesai, helikopter kemudian melaksanakan flag drop off di clear airfield sekitar landasan dengan tujuan untuk mengurangi resiko kerusakan pada bendera,” kata pilot Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Mayor Pnb Nugroho, kemarin.

Ia juga mengatakan, sebelum pelaksanaan latihan pada tahap persiapan personel Skadron Udara 6 Lanud Ats mendapatkan materi tentang peralatan yang digunakan dan pelatihan pengecekan peralatan secara visual tentang kondisi kabel sling.

“Untuk menggulung bendera dengan ukuran 30 meter x 20 meter, melibatkan 25 orang personel sebagai penggulung bendera dan satu leader flag roll. Setelah bendera tergulung rapi selanjutnya pengikatan bendera secara sementara dengan release rope,” katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, cara menggulung dengan sling 67 feet, sling 136 feet saat recovery dan penyimpanan. Serta dilatihkan cara remove, install dan pengecekan shackle dengan cara visual check material condition serta safety locking.(nal/c)

Baca Juga