Beranda Politik

Bawa Pesan Bu Mega, Hasto Kunjungi Babel untuk Konsolidasi Jelang Pilkada

PANGKALPINANG-RADAR BOGOR, PDI Perjuangan mulai menjaring calon jago-jagonya untuk Pilkada Serentak 2020. Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, para calon kepala daerah dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bisa dari kader sendiri ataupun eksternal.

Berbicara pada Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Internal DPD PDIP Bangka Belitung (Babel) di Pangkalpinang, Rabu (25/9), Hasto mengatakan, partai pemenang Pemilu 2019 itu telah membuka pendaftaran untuk menyeleksi bakal calon kepala daerah yang akan diusung untuk pilkada tahun depan. Setelah tahap pendaftaran, nama-nama yang masuk akan menjalani serangkaian proses seleksi termasuk sekolah partai dan psikotes.

“Jadi bisa dari kader, kombinasi tokoh masyarakat,” ujar Hasto sebagaimana siaran pers DPP PDIP.

Dalam kesempatan itu Hasto juga menyampaikan pesan dari Megawati untuk bakal calon kepala daerah di wilayah Babel. Menurutnya, Presiden Kelima RI itu mewanti-wanti calon kepala daerah dari PDIP di Babel agar punya komitmen kuat dalam menjaga lingkungan khususnya.

Secara khusus Megawati punya khawatiran akan sampah plastik yang mencemari lautan. Putri Proklamator RI itu menginginkan lautan di Babel sebagai provinsi kepulauan bersih dari sampah plastik.

“Yang jelas Ibu Mega berpesan agar Bangka Belitung kita jaga, ini wilayah perbatasan, kita jaga lautnya jaga lingkungan jaga agar tetap hijau dengan penghijauan. Kita jaga jangan sampai sampah plastik masuk ke laut,” kata Hasto yang dalam kunjungannya di Babel didampingi dua elite DPP PDIP, yakni Arief Wibowo (wasekjen) dan Rudianto Tjen (wakil bendahara umum).

Hasto menambahkan, kedatangannya di Pangkalpinang juga untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada kader-kader PDIP dan masyarakat Babel. Sebab, PDIP mampu menjadi jawaran Pemilu 2019 di provinsi kepulauan itu.

“Pertama kalinya PDI Perjuangan bisa menyapu kemenangan di tiap tingkatan dalam satu provinsi. Kita bangga Bangka Belitung mampu membangun prestasi luar biasa dengan menang pemilu di seluruh wilayah kabupaten kota,” ujar Hasto. (JPNN)

Baca Juga