Beranda Kuliner

Kromosom 78 Kopi, Manjakan Pengunjung dengan Suasana Vintage

BOGOR-RADAR BOGOR, Kafe yang mengusung tema kopi terus bermunculan di Kota Bogor. Tapi ada kafe yang menyajikan topping coffee printing, dan satu-satunya di Kota Bogor. Kromosom 78 Kopi namanya. Lokasinya tepat berada di belakang Macaroni Ngehe Jalan Ahmad Yani Tanah Sareal.

Kromosom Kopi lahir dari ide tiga orang berlatar belakang kesibukan yang berbeda. Namun, ketiganya bersahabat dan mengaku pecinta kopi sejati. Mereka adalah, Yessy Kristiani Meliana, dr Sisca Ambasari dan Aga Yudistira.

Yessy sendiri adalah seorang pengusaha online, Sisca seorang dokter yang berkutat dengan dunia medis dan Aga yang memang seorang ahli kopi. Yessy yang memiliki ide membuka usaha kopi mengawali cerita tentang pembuatan kafe tersebut.

“Awalnya saya sering ngopi di Bandung dan ada satu jenis kopi yang tidak saya temukan ketika pindah ke Bogor,” ujarnya.

Lalu, kenang Yessy, dia pun menantang sahabatnya, Aga untuk membuat racikan kopi kesukaannya. Awalnya belum sesuai keinginan, tapi pelan-pelan akhirnya Aga mampu membuat racikan kopi yang diinginkan Yessy. “Nah, akhirnya aku bilang kenapa kita gak buka kedai kopi aja,” tukasnya, kepada Aga.

Nah, kebetulan kata wanita asal Bandung ini, teman mereka yakni Dokter Sisca memiliki rumah tersebut.

“Jadilah rumah ini disulap menjadi kafe, apalagi tak perlu diubah banyak karena memang bangunannya sudah unik dan klasik. Kebetulan tema Kromosom Kopi ingin yang vintage,” terangnya.

Lokasi terkesan vintage, karena menempati sebuah rumah tua dengan arsitektur bangunan khas peninggalan kolonial.

Untuk penamaan kromosom, karena dokter Sisca berkecimpung di dunia medis maka namanya disepakati Kromosom Kopi. “Kromosom itu DNA, dan itu adalah istilah medis,” tegasnya.

Sebetulnya, lanjut Yessy, Kromosom Kopi belum melakukan grand opening. Ke depan pihaknya merencanakan itu, tapi saat ini masih melakukan pembenahan untuk kondisi kafe dan menu-menunya. “Kita baru soft opening April, tapi alhamdulillah respon pengunjung sejauh ini bagus,” tuturnya.

Apalagi momen sore menjelang malam dan weekend, pengunjung biasanya mulai berdatangan dan mereka cocok dengan suasananya yang homey, seperti berada di rumah sendiri.

“Pengunjung dimanjakan dengan suasana yang serasa di rumah, sehingga bisa betah berlama-lama di sini dan memilih tempat duduk yang dirasakan nyaman,” papar Yessy.

Ke depan, mereka akan mempercantik Kromosom Kopi sesuai tema yang diusung dengan dekorasi ala vintage. Bahkan, Yessy pun berencana membuka cabang Kromosom Kopi di Bandung, kota kelahirannya. Saat ini pun, pengunjung sudah bisa foto-foto di beberapa sudut, sofa cantik dan menarik atau di depan teras yang ala rumah tempo doeloe.

“Meski saya dan dua teman ga fokus seharian di sini, kami mempercayakan seseorang untuk memenej semuanya. Sesibuk apapun, dari kami harus ada yang mengontrol setiap harinya,” tambah istri Rizky Argoebie tersebut.

Karena kafenya khusus kopi, untuk menu sebagian besar dibuat orang lain. Kromosom Kopi khusus menyajikan kopi yang spesial, salah satunya dengan topping coffee printing. Coffee printing ini hanya ada di Kromosom Kopi, karena yang memiliki alatnya baru kafe ini.

Pembuatannya membutuhkan waktu empat menit. Foto diprint dengan alat khusus lalu dipasanglah pada jenis kopi yang dipesan. “Untuk waktu keseluruhan dengan membuat kopinya, bisa 20 detik hingga 10 menit,” kata pemilik lainnya, Aga Yudistira.

Keunikan Coffe Printing, penyuka kopi bisa memasang gambar kesukaannya atau potret diri sendiri di atas kopi sebagai topping. Kelemahannya kopi dengan jenis topping tersebut, lanjut Aga, harus segera meminumnya dalam kondisi panas atau hangat karena gambar akan hilang dan pecah.

“Pembuatannya pun tidak bisa pada semua jenis kopi. Topping coffee printing bisa diaplikasikan pada permukaan kopi yang padat,” tambah Aga.

Kopi dengan topping tersebut, pertama kali dikembangkan para barista di Jepang dan Tiongkok. Tapi, jangan khawatir bagi yang tak ingin topping tersebut, Kromosom Kopi juga menyediakan topping cream cheese dan espresso.

Lalu, bagi yang tak suka kopi, di sini juga tetap tersedia jenis minuman lain seperti coklat, lemon tea, atau air mineral. Untuk menu cemilan terbatas, baru ada smoothies bowl, dimsum, brownies ice cream, chicken spinach quche, spagheti, lasagna dan macaroni. “Setelah grand opening, mungkin menu akan berkembang sesuai permintaan konsumen atau kita ganti menu lain agar lebih bervariatif,” tambah Yessy.

Untuk best seller di Kromosom Kopi adalah Kopi Susu Kromosom dan Coffe Printing. Kisaran harga kopi dari Rp18 ribu hingga Rp30 ribuan. Cemilan dari Rp20 ribu hingga Rp35 ribuan. Kafe ini mulai buka pukul 11.00 hingga 22.00 WIB. (pia)

Baca Juga