Beranda Pendidikan

Dosen Universitas Pamulang dan Mahasiswa Melakukan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Bogor


BOGOR-RADAR BOGOR,Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai insan akademis, para dosen Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) bertepat di Desa Jampang, Bogor, Jawa Barat, dengan subyek pengabdian yakni para pelaku Kelompok pembudidaya ikan.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema Sosialisasi Teman Bisnis Catatan Keuangan di desa Jampang, Bogor, Jawa Barat . Sasaran kegiatan PKM tersebut ialah membantu pembudidaya ikan di daerah Jampang, Bogor dalam mengatasi persoalan-persoalan pencatatan laporan keuangan.

Hasil survei sebelum melaksanakan Pengabdian masyarakat kelompok pembudidaya ikan masih bingung dan semrawut dalam hal catat mencatat kegiatan ekonominya terutama dalam sistem akuntansi berapa penjualan dan keuntungan setiap bulan yang mereka hasilkan mereka masih bingung dan tidak ada pencatatan sehingga mereka tidak bisa membuat startegi manajemen keuangan yang bagus. Analoginya sederhana, berapapun penghasilan kita setiap periode, pasti kita akan mengalami impas atau bahkan defisit manakala kita tidak memiliki kemampuan dalam mengelola pemasukan.

Pengabdian Masyarakat dilakukan dengan penekanan pada aspek teoritis maupun praktis, yaitu dengan memberikan sosialisasi sekaligus dengan kegiatan praktik, bagaimana para Kelompok pembudidaya ikan Desa Jampang, Bogor, Jawa Barat belum memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan sebagai salah satu aspek penting dalam mengelola arus kas (cash flow) suatu bisnis. Aspek praktis ini diharapkan mampu menjelaskan secara real bagaiamana para pelaku Kelompok pembudidaya ikan mampu meningkatkan bonafiditas performa usaha.

Pelaksanaan kegiatan masyarakat berlangsung selama 3 hari, yakni 20-22 September 2019. Yang di Ketuai oleh Ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E.,Ak.,M.Ak, Wakil ketua Bpk H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M.,CSRA,CMA, Bendahara Bpk Hari Stiawan, S.E., M.Ak. Sekertaris Ibu Dr. Hj. Holiawati, S.E., M.Si, CSRS, CSRA dan Narasumber Ibu Aris Sanulika, SE, M.Ak, serta 5 orang mahasiswa universitas pamulang prodi S1 Akuntansi.

Acara di awali dengan Pembacaan Doa berikutnya, acara sambutan dari Ketua Pengabdi yakni Ibu Wahyu Nurul Hidayati, S.E.,Ak.,M.Ak. Beliau memaparkan pentingnya sinergi antara civitas akademika dengan masyarakat pada umumnya. Terlebih, masyarakat di Desa Jampang, Bogor, Jawa Barat, Ingin mensuport dan memajukan serta membantu desa Jampang sebagai desa wisata, desa sumber ikan hias dengan membantu pemasaran secara modern, serta menghidupkan kembali produksi ikan olahan yang sempat vacum, Elaborasi akan membawa energi positif bagi stakeholder, baik bagi Universitas Pamulang sebagai institusi pendidikan, maupun masyarakat sekitar yang diharapkan dapat merasakan langsung output dari kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.

Sambutan berikutnya datang dari Ketua Kelompok pembudidaya ikan, yaitu Bapak Kaman. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya semangat juang bagi para Kelompok Pembudidaya ikan dalam memproduksi Ikan hias maupun tawar, Beliau juga mensosialisasikan kelemahan dan kebutuhan para kelompok pembudidaya ikan dari pemasaran sampai dengan pencatatan keuangan.

Acara terakhir diisi dengan pemberian materi yang dilakukan oleh Ibu Aris Sanulika, SE, M.Ak beliau memaparkan bagaimana pentingnya manajemen keuangan dan memberikan pelatihan dalam pencatatan keuangan usaha dengan Aplikasi Teman Bisnis yang diikuti oleh beberapa kelompok pembudidaya ikan Desa Jampang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga