25 radar bogor

Debit Air di Barat Terus Menyusut, PDAM Tirta Kahuripan Bakal Tambah Pasokan Air

PDAM
Ilustrasi PDAM

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, Untuk memenuhi kebutuhan pasokan air ke pelanggan yang ada di wilayah Bogor Barat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor berencana menambah pasokan air dari mata air dan salah satunya berasal dari sungai yang yang berada di kawasan Universitas IPB.

“Kita akan menambah kapasitas air di lokasi tersebut dan melanjutkan kerjasama dengan IPB untuk memanfaatkan intalasi pengolahan air, dan juga kedepannya akan menambah debit air dari salah satu mata air di Kecamatan Tenjolaya,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Hasanudin Taher kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia juga mengaku, apabila bisa dimanfaatkan maka akan dibuatkan reservoar wilayah Dramaga dan sekitarnya, maka pasokan air di Leuwiliang bisa lebih dioptimalkan lagi.

“Kalau yang IPB berasal dari air permukaan sungai yang nanti akan diolah kembali, dan sudah dilakukan pembicaraan dengan IPB,” ujarnya.

Nantinya jika dibangun pasokan air baru maka pipa jaringan yang dibutuhkan mencapai 20 kilometer dari sumber air di Kecamatan Tenjolaya. “Ada sistem kerjasama atau membeli lahan tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menambahkan mengenai jumlah pengurangan air perlu kajian dan harus detail perihal pengurangan air ketika saat musim kemarau.

“Bahkan untuk pengaruh dari kemarau memang terasa, sehingga agak berkurang debit air permukaan dan mengurangi pasokan air ke pelanggan,” akunya.

Sementara itu, Kasubag Humas PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Agus Riyanto menuturkan, di beberapa wilayah pelayanan cabang PDAM memang mengalami dampak dari musim kemarau seperti di Kecamatan Jonggol, sungai cibeet kini berkurang banyak debit airnya.

Untuk itu, kata dia, dalam waktu yang belum ditentukan PDAM tidak menambah sambungan baru pelanggan di kawasan tersebut.

Sedangkan pasokan air untuk wilayah tengah masih mencukupi seperti pelanggan di Kecamatan Cibinong, Citeureup dan Bojonggede.

“Untuk jumlahnya sambungan ada 12.400 pelangggan khusus Bogor Barat mencakup empat Kecamatan,” tutupnya. (nal/c)