25 radar bogor

Sineas Terkemuka Bahas Platform Film Indonesia

Media Conference Balinale ke-13 2019 di Cinemaxx Plaza Semanggi, dengan nara sumber: Djenar Maesa Ayu (sutradara If This is My Story), Cornelio Sunny (Produser If This is My Story), Deborah Gabineti (Director Festival Balinale), Julian Grimmond (Direktur GFS, perusahaan yang menyediakan layanan shooting di Indonesia)
Media Conference Balinale ke-13 2019 di Cinemaxx Plaza Semanggi, dengan beberapa nara sumber.

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan sineas ulung dari berbagai penjuru dunia dan Indonesia akan kembali berkumpul. Mereka akan kembali saling sapa dalam acara tahunan Bali International Film Festival Industrty Forum (BalinaleX).

Mereka akan mengikuti ajang bergengsi bagi para pelaku industri perfilman, yakni Bali International Film Festival (Balinale) 2019 pada September 2019 di Jimbaran Bali. Tahun ini, Global Film Solutions (GFS) Indonesia akan memandu Forum Industri Film yang akan dilaksanakan pada Kamis (24/9/2019).

“Tema forum yang diusung adalah “Spotlight Indonesia” diharapkan model diskusi terbuka ini membuka kesempatan dan sekaligus mencari solusi bersama tantangan dalam perkembangan industri perfilman,” ujar Direktur GFS Indonesia, Julian Grimmond.

Menurutnya, talenta-talenta sineas Indonesia kali ini sangat luas bahkan sudah berkelas dunia. Karenanya menjadi satu kebanggaan bagi GFS bisa memandu orang-orang terbaik dalam layar sinema.

“Talenta sineas Indonesia sangat luas dan berkelas dunia. GFS Indonesia berbangga dapat mengadakan sebuah forum bagi para sineas untuk berbagi pengetahuan dan menginspirasi,” tuturnya.

Dia melanjutkan, beberapa topik yang akan dibahas tahun ini antara lain; Penonton Indonesia, bagaimana cara menemukan dan mengetahui kisah hebat yang disukai oleh penonton; Platform Indonesia, seperti apa yang cocok untuk perfilman; Konten Indonesia, para produser dan pembuat film berdiskusi tentang kemana dan bagaimana caranya untuk mengekspor konten Indonesia; Global Indonesia, produser Indonesia dan internasional membahas tentang kesempatan dan tantangan dalam bekerja di pasar konten global.

Di samping itu, kegiatan tersebut juga akan dikaitkan dengan pesona Bali International Film Festival 2019 yang saat ini telah mencapai tahun ke-13.

Festival yang diadakan selama enam hari ini akan menayangkan 93 film karya sineas berbakat dari 28 negara di bioskop terbaru di Bali, yakni Cinemaxx Sidewalk Jimbaran, Jalan Uluwatu dan Badung.

“Pada tahun ini, akan diputar deretan film perdana dalam berbagai kategori, yaitu 9 World Premieres, 5 International Premieres dan 19 Asian Premieres yang disertai dengan kehadiran para sineas Indonesia terkemuka,” jelasnya.

Beberapa tokoh tokoh dalam industri perfilman yang akan hadir di Bali International Film Festival dan BalinaleX Industry Forum 2019 antara lain Natan Bogin, Donna Smith dan Sarah Xu serta Ismail Basbeth.(gal)