25 radar bogor

Pemilihan Pemain Dinilai Aneh, Simon McMenemy Harus Diberi Target Jangka Pendek

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Hasil buruk yang diraih Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, terus mendapat kritikan dari masyarakat. Terutama para pecinta sepakbolah tanah air.

Pengamat sepak bola Rojil Nugroho Bayu Aji meminta PSSI memberikan target jangka pendek kepada pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy. Itu dilakukan sebagai bentuk evaluasi atas kinerjanya yang sangat buruk di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

“Memalukan memang karena kalah di sini, Simon harus dievaluasi dengan target yang dibebankan kepadanya. Kalau tidak bisa memenuhi target bisa membalas kekalahan atau paling tidak ya tidak jadi juru kunci. Apabila tidak bisa memenuhi maka harus diganti,” katanya, Jumat (13/9) malam.

Dia menilai, memang Simon dalam proses pemilihan pemain layak dipertanyakan. Pasalnya, ada hal yang aneh dalam beberapa hal terkait Simon.

“Pemanggilan pemain tidak berdasarkan jejak rekam di kompetisi Liga 1. Kondisi dan performa di klub harus menjadi dasar pemanggilan,” terang penulis buku Tionghoa dalam Sepak Bola Indonesia itu.

Rojil mencontokan, di sektor penjaga gawang ada pemain lain yang lebih bagus dalam hal penyelamatan tapi tidak masuk radar pemanggilan.

“Di lini belakang full back ada Gavin dan Putu Gede yang bagus di klub tetapi tidak masuk, justru memanggil pemain yang lebih tua, ini aneh,” tegas pria yang juga dosen di Universitas Negeri Surabaya tersebut.

Kalau langsung menyuarakan #SimonOut seperti di media sosial, itu dianggap terlalu dini karena masih dua laga. “Diganti pun, berat peluang Indonesia. Jadi beri target pendek saja, bagaimana caranya agar Indonesia tak memalukan,” tandasnya.(dkk/jpnn)