25 radar bogor

Box Girder Dipasang, Proyek Tol BORR Terhambat Pembebasan Lahan

Lokasi terbesar ada di empat titik lokasi yang akan dibangun ramp on dan off. Yakni berada di depan Kantor Pos dan Tahu Yun Yi di Kayumanis.
Lokasi terbesar ada di empat titik lokasi yang akan dibangun ramp on dan off. Yakni berada di depan Kantor Pos dan Tahu Yun Yi di Kayumanis.

BOGOR-RADAR BOGOR,Pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) semakin dikebut oleh PT Marga Sarana Jabar (MSJ).

Selain proses pemasangan box girder, yang akan berlangsung selama tiga bulan ke depan, anak perusahaan PT Jasa Marga ini juga tengah mempersiapkan pembebasan sejumlah lahan yang terdampak proyek.

Tiga Pekan Terhenti Pasca Ambrol, Proyek Tol BORR Seksi IIIA Kembali Dikebut

Direktur Utama (Dirut) PT MSJ, Hendro Admojo mengatakan, progres pembebasan lahan saat ini sudah mencapai hampir 50 persen. Lokasi terbesar ada di empat titik lokasi yang akan dibangun ramp on dan off. Yakni berada di depan Kantor Pos dan Tahu Yun Yi di Kayumanis.

“Yang lebih besar on off ramp di Kayumanis dan Kantor Pos, ada empat ramp, alhamdulilah sudah hampir 50 persen,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Dia menargetkan, urusan tersebut bisa segera rampung hingga Oktober mendatang. Sehingga pekerjaan bisa berbarengan dengan pemasangan box girder yang saat ini akan segera dilaksanakan.

“Itu harus selesai pertengahan Oktober supaya ramp sudah bisa selesai Desember juga,” tuturnya.

Hendro mengungkapkan, satu kendala pada pembebasan lahan adalah keterlambatan penandatanganan antara pihaknya dengan Lembaga Manajemen Aset Nasional yang akan mengganti uang untuk keperluan pembebasan lahan.

Sebab, PT MSJ, kata dia, perlu kepastian terlebih dahulu bahwa uang yang akan dikeluarkan itu akan diganti oleh pemerintah.

“Nah, itu baru dapat MoU-nya dengan Departemen Keuangan nanti pakai APBN itu bulan Juli,” kata dia.

Berdasarkan pemetaan lahan, Hendro menuturkan hanya ada sekitar 10 persen lahan milik perusahaan. Sementara sisanya milik perseorangan.

“Sebanyak 10 persen yang PT swasta, itu pun posisinya di ujung Kayu Manis dan Kantor Pos,” ungkapnya. (gal)