25 radar bogor

Botani Bakery IPB University, Bukan Sekedar Cafe

BOGOR-RADAR BOGOR,Ada tempat nongkrong baru sivitas di IPB University. Rektor IPB University, Dr Arif Satria telah membuka dan meresmikan Botani Bakery di Kampus Dramaga, Rabu (11/9). Sebelumnya spot ini dikenal Bread Unit yang berlokasi di Gedung Pusat Antar Universitas (PAU) IPB University. Hadir pula pada momen tersebut Rektor Wageningan University and Research, Netherlands, Prof Arthur J Mol usai berorasi.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan IPB University, Dr Jaenal Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa Botani Bakery ini tidak sekedar cafe melainkan juga memproduksi roti sendiri dengan bahan non terigu sesuai konsep inovasi IPB University. “Botani Bakery didukung berbagai pihak. Tujuannya agar IPB University ke depan bisa berkontribusi lebih banyak dan membuat terobosan baru yang bernilai tambah tinggi. Harapannya Botani Bakery ini dapat memberikan banyak manfaat dan memfasilitasi inovasi-inovasi dari fakultas terkait,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Bisnis dan Kewirausahaan IPB University, Prof Erika Budiati Laconi mengatakan, Botani Bakery berdiri berkat kerjasama antara Direktorat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan dan Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), IPB University.

“Kami hanya memfasilitasi, agar sivitas dapat menikmati hasil karya dari inventor-inventor kita. Dengan demikian kita dapat melihat IPB University dapat berkarya jika difasilitasi dengan baik,” jelas Prof. Erika. Ke depan fasilitas ini akan dikembangkan di asrama putra. Produk roti yang dihasilkan sudah mengusung konsep diversifikasi pangan dengan menggunakan tepung bahan lokal, tidak seratus persen terigu. Sudah sekitar 40 persen bahan bakunya berasal dari singkong, jagung, dan sebagainya. Proses diversifikasi pangan ini terus dikembangkan bekerjasama dengan Seafast Center untuk menghasilkan roti yang seratus persen tanpa terigu.

Rektor IPB, Dr Arif Satria menyampaikan dalam sambutannya bahwa Botani Bakery bukan sekedar tempat makan saja namun menjadi salah satu tempat untuk meeting dan diskusi informal yang dapat menghasilkan ide-ide besar dan baru. “Cafe kita ini bukan sekedar untuk making money, melainkan cafe yang memiliki visi. Visinya adalah kemandirian pangan dan diversifikasi pangan. Semua produk inovasi IPB University bertujuan untuk itu. Karena inovasi IPB University merupakan inovasi yang membumi yang dirasakan manfaatnya oleh publik. Kita punya Serambi Botani dan semua produk pangannya dari IPB University semua, minumannya dari IPB University semua sebagai bagian dari kita untuk mendorong program green lifestyle,” tegasnya.

Seluruh peserta yang hadir dapat mencicipi bahkan membawa pulang produk roti dan minuman yang telah disediakan. Botani Bakery sudah menerima layanannya sejak hari Kamis, 12 September 2019. Botani Bakery beroperasi mulai pukul 7.00 – 17.00 setiap hari dari Senin sampai Sabtu. (YDI/ris)