25 radar bogor

Beredar Pesan BJ Habibie Donor Kornea ke Thareq Habibie, Keluarga: Itu Tidak Benar!

JAKARTA-RADAR BOGOR, Beredar pesan berantai atau brodcast yang menyebut Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie mendonorkan kornea matanya untuk putra bungsunya, Thareq Habibie.

Isi pesan itu awalnya menyoroti penampilan Thareq Habibie yang selalu memakai penutup mata di sisi kanan wajahnya. Istri BJ Habibie, Ainun disebut akan mendonorkan kornea ke Thareq, namun urung hingga akhirnya Habibie yang menjadi donor.

Jawab Penasaran Publik, Kakak Beberkan Alasan Thareq Habibie Pakai Penutup Mata

Sebelum jenazah BJ Habibie dimakamkan, korneanya lalu diambil untuk Thareq.

Berikut ini isi broadcast yang sudah dipastikan hoax itu:

Thareq Kemal Habibie

Tampil di tv hingga pemakaman sang ayah, tetap dengan mata kanan ditutup. Kenapa…???

Pasti publik penasaran, ada apa dengan mata kanan putra kedua Presiden ke 3 RI itu?

Ini jawabannya; kornea mata kanan Thareq Kemal ternyata rusak. (Semenjak 12 thn silam). Tadinya kornea mata sang ibu, Hj Ainun Habibie yg akan didonorkan. Tp saat wafat 2010 silam, riwayat kanker yg menggerogoti tubuh Ibu Ainun membuat tim dokter urung melakukan operasi donor.
Nah, sang ayah, Prof BJ Habibie, semenjak 2016 lalu sudah mendaftar sbgai pendonor kornea matanya buat si bungsu Thareq.
Jadi, sebelum dikebumikan, tim dokter sdh mengambil kornea mata Alm BJ Habibie. Operasi kornea tdk harus sampai mencongkel biji mata.

Cinta Orang Tua Sepanjang jalan dan Cinta Anak Sepanjang Penggalah, dapat dimaknai Cinta Orang Tua kepada Anaknya Tiada Batas, sebaliknya Cinta Anak kepada Orang Tuanya Terbatas.

Betapa mulianya BJ Habibie, jasadnya saja masih bisa dijadikan amal Shaleh.

Kakak Thareq, Ilham Habibie, menegaskan isi broadcast itu tidak benar. Thareq memakai penutup mata karena glaukoma dan tidak bisa menerima donor kornea mata.

“Itu tidak benar. Karena itu tidak bisa diselamatkan donor mata. Itu bukan kornea, itu masalah di belakang, di retina,” kata Ilham kepada detikcom saat ditemui di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Seperti diketahui, Presiden ketiga RI, BJ Habibie meninggal 11 September di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta. (dtk/ysp)