25 radar bogor

Silent Mayoritas Tetap Menginginkan Township Management Dikelola PT SGC

Alfian Mujani, Head of Corporate Communication PT SC dalam keterangan persnya Senin (17/6).
Alfian Mujani, Head of Corporate Communication PT SC dalam keterangan persnya Senin (17/6).

BABAKANMADANG–RADAR BOGOR, PT Sentul City Tbk (SC) menyesalkan pernyataan Komite Warga Sentul City (KWSC) yang tidak mencerminkan sikap respek terhadap Bupati Bogor Ade Yasin, dan juga tidak menghiraukan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sejak awal KWSC selalu mengklaim mewakili aspirasi dari seluruh warga di Sentul City, padahal pada kenyataannya tidak sama sekali. Cobalah di cek di lapangan berapa suara warga yang mendukung KWSC dan berapa yang ingin tetap aman nyaman damai di bawah township management,” kata Alfian Mujani, Head Of Corporate Communication PT SC dalam keterangan persnya, Jumat (13/9).

Alfian menerangkan, fakta yang sebenarnya adalah pencabutan spanduk yang dipasang oleh SKPD terkait pada tanggal 5 September 2019 terjadi karena adanya aduan dari bagian warga RW 08 kepada Bupati Bogor.

Warga mengadu ke Bupati Bogor karena beredarnya WA dari pengurus RW 08 terkait spanduk tersebut. Isi dari WA pada intinya menyatakan bahwa dengan telah dipasangnya spanduk tersebut, maka pengelolaan PSU sekaligus keamanan (sekuriti), kebersihan (pengangkutan sampah) dan ketertiban telah beralih dari PT Sukaputra Grahacemerlang (SGC) kepada RW 08 yang beraspirasi melakukan swakelola.

Alfian bercerita pada malam hari di tanggal yang sama, PJU di kluster Bukit Golf Hijau (wilayah bagian RW 08) padam sehingga keesokan harinya 6 September 2019, bagian warga RW 08 tersebut mendatangi kantor SGC untuk meminta penjelasan atas maksud dari pemasangan spanduk oleh SKPD dan peristiwa padamnya PJU di kluster BGH.

Dia memaparkan, publik perlu tahu bahwa pengelolaan PJU yang baik tergantung dari lancar atau tidaknya pembayaran Biaya Pemeliharaan dan Perbaikan Lingkungan (BPPL) dari warga.

“Ini juga harus saya terangkan. Warga RW 08 yang mendatangi kantor SGC adalah warga yang taat membayar BPPL kepada SGC dan berkomitmen pada kewajibannya sesuai PPJB berkonsep township management sehingga menolak aspirasi swakelola dari pengurus RW 08 yang diketahui merupakan anggota KWSC,” tegasnya.

Kata Alfian, agian warga dari Sentul City ini adalah warga yang pada awalnya berdiam diri (silent mayoritas). Namun pada akhirnya bereaksi atas permasalahan yang terjadi antara KWSC dengan SGC dan SC sebagai Pengembang. Puncaknya, mereka meminta SC menjembatani pertemuan dengan Bupati atas tindakan-tindakan KWSC selama ini.

“Silent mayoritas ini, memohon kepada ibu Bupati agar mencabut spanduk yang dipasang SKPD karena telah dipergunakan untuk kepentingan aspirasi pengurus RW 08 atas swakelola yang tidak mewakilinya,” ujarnya.

“Dalam hal pemerintah daerah melakukan kerja sama pengelolaan prasarana, sarana dan utilitas dengan pengembang, badan usaha swasta dan masyarakat, pemeliharaan fisik dan pendanaan prasarana, sarana dan utilitas menjadi tanggung jawab pengelola. Ini jelas ada aturannya di Permendagri dan Perda Kabupaten Bogor,” terangnya.

Untuk itu, kata Alfian, PT SC menghimbau agar KWSC segera menyadari bahwa tindakan-tindakannya selama ini tidak saja mengganggu hak atas ketenangan dan kenyamanan warga lainnya di kawasan perkotaan Sentul City tapi juga tidak menghormati peraturan perundang-undangan yang berlaku.(ysp/*)