25 radar bogor

Riau Dilanda Kabut Asap, Warganet Lambungkan Tagar #RiauDibakarBukanTerbakar

RIAU-RADAR BOGOR,Kabut asap pagi ini di Kabupaten Kampar, Riau, semakin tebal. Jarak pandang semakin terbatas, termasuk di dalam Kota Bangkinang yang pada dasarnya jauh dari titik api. Menghadapi kondisi ini, warga mulai menyusun rencana untuk mengungsi ke daerah yang aman dari kabut asap.

Khairuddin Domo, 51, warga Desa Muara Uway, Kecamatan Bangkinang bahkan akan mengungsi ke Sumatera Barat (Sumbar) malam ini. Khairuddin berencana membawa seluruh anggota keluarga yang saat ini masih berada di Kampar.

”Rencananya malam ini kami bertujuh orang langsung akan mengungsi ke Sumbar. Kebetulan ada kularga disana tapi mungkin tak bergantung pada merekalah, yang penting jauh dulu dari asap. Karena begini, menurut orang Dinas Kesehatan asap ini dua tahun yang akan datang baru kelihatan dampaknya. Kalau sekarang sekedar batuk, pusing saja,” sebut Khairuddin seperti dikutip Riau Pos (Jawa Pos Group), Jumat (13/9).

Mengungsi ke Sumbar ini bukan merupakan pengalaman pertama bagi Khairuddin. Sebelumnya pada 2017 dirinya juga sudah pernah mengungsi ke Sumbar, juga karena masalah asap. Dirinya menyebutkan, selain faktor usia dirinya sendiri, dirinya juga khawatir dengan kondisi anak-anak.

”Kalau memungkin udara kami cepat balik, sesuai dengan kondisi lah. Kalau masi seperti ini ya berlanjut. Tapi saya sebagai warga meminta Pemprov punya tanggungjawablah. Kondisi asapkan sudah parah, setidaknya menyediakan armada untuk warga yang mengungsi. Kalau sekarang ini kan biaya masing-masing. Gubri harusnya punya tanggung jawab, tolong bantu kami dapatkan udara bersih,” tutup Khairuddin.

Sementara itu di media sosial Twitter tagar #RiauDibakarBukanTerbakar menjadi tranding. Banyak warganet yang melaporkan kondisi terkini Riau yang terkena kabut asap.

“Riau,2019.

Cepat pulih Indonesiaku, biarkan mereka menghirup udara segarmu lagi. Dan untuk wakil rakyat, semoga anda² mendengar penderita mereka serta melakukan tindakan nyata.”cuit @ed_arief.

“Pas aksi kamisan Pekanbaru kmren, ada seorang anak brnama Arta dtng mnghmpiri kmi u mnta masker. Lalu dia bertanya “kenapa ada asap kak?”. Apa yg hrus kmi jwb? Haruskah mbri jwaban yg Bsa mmbuatnya mmbnci pmerintah yg lamban, Tdk peduli dan minim solusi?
#RiauDibakarBukanTerbakar,”kata @vernawinata.

Berdasarkan pantauan radarbogor.id, tagar #RiauDibakarBukanTerbakar telah mencapai lebih dari 5.600 cuitan.

(JPG)