25 radar bogor

Kebakaran Lahan di Kabupaten Bogor Meluas, Sehari Tiga Titik

Salah satu lokasi kebakaran lahan di Kabupaten Bogor.

CIBINONG – RADAR BOGOR, Kebakaran lahan masih berpotensi terjadi di Kabupaten Bogor. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bogor mencatat, dalam tiga hari terakhir telah terjadi tujuh kebakaran lahan.

Bahkan, dalam satu hari kebakaran lahan terjadi di tiga titik. Pada Selasa (10/9/2019) kebakaran lahan terjadi di Kampung Babakan Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi. Perumahan Coco Garden, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Klapanunggal, dan Gang Nangka Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi.
Tiga kebakaran juga terjadi sehari setelahnya atau pada Rabu (11/9/2019).

Menurut Kadisdamkar Kabupaten Bogor, Makmur, lahan yang terbakar mayoritas adalah lahan ilalang. “Ada beberapa penyebab kebakaran lahan,” ujar Makmur kepada radarbogor.id, Kamis (12/9/2019).

Penyebab pertama dampak dari pembakaran sampah yang merembet ke lahan alang-alang. Kedua puntung rokok yang masih menyala dan dibuang ke tumpukan sampah.

“Ada juga karena hubungan arus pendek dan kebocoran gas dan lainnya. Pembukaan lahan juga bisa menjadi pemicu kebakaran lahan,” terang Makmur.

Makmur mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada, dan menghindari kebiasaan membakar sampah atau membuang puntung rokok yang masih menyala.(dkw)