25 radar bogor

Foto Bidikan Mahasiswa IPB University Raih Juara III dalam ISCFCI 2019

BOGOR-RADAR BOGOR,Perubahan teknologi di era kini telah dilihat sebagai gangguan. Yakni adanya fenomena yang menggeser aktivitas di dunia nyata ke dunia maya. Fenomena ini berkembang dengan semakin terbatasnya jarak antara individu dan terfasilitasinya akses yang sangat cepat dalam menjangkau informasi sehingga orang dapat berkomunikasi dan berinteraksi tanpa batas. Pada sisi lain, era gangguan ini tentu memiliki sejumlah dampak negatif, seperti masalah sosial di masyarakat. Perubahan sosial yang mengarah pada ruang hidup yang tidak nyaman, terutama di kota-kota besar.

Rizaldy Al-Rasyid, mahasiswa Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB University menanggapi hal tersebut dengan memberikan sebuah pandangan baru. Berbekal kamera dan ide, Rizaldy mengangkat sebuah gambar yang bertajuk “Keharmonisan di Jaman Digital”.

“Dalam membangun keluarga tidak hanya dapat dihitung dengan materi, melainkan dapat dirasakan dari kesadaran yang timbul terutama dalam keluarga itu sendiri. Seperti halnya yang saya potret pada hari minggu, 21 Juli 2019 yang berlokasi di Kebun Raya Bogor. Nampak dua keluarga yang sedang menikmati akhir pekan dengan berolahraga bersama dalam rangka meningkatkan kesehatan keluarga. Keharmonisan ini dapat mencerminkan kesejahteraan keluarga yang sangat dirasakan, meski dengan segala keterbatasan yang dimiliki,” terangnya.

Melalui gambar yang ia ikutsertakan pada lomba fotografi, Rizaldy meraih Juara III pada Lomba Fotografi dalam ajang The 2nd International Seminar on Family and Consumer Issues in Asia Pacific (ISCFCI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Ilmu Keluarga dan Konsumen Indonesia bekerjasama dengan IPB University dan University Putra Malaysia (UPM), Sekolah Bisnis IPB, dan Pemerintah Kabupaten Bogor, Agustus lalu.

“Alhamdulillah sangat bersyukur sekali saya dapat meraih juara tiga. Tentunya tidak menyangka sebelumnya karena saya tidak memiliki keahlian dalam bidang fotografi sebelumnya dan mengikuti lomba ini pun saya hanya berniat untuk mengisi waktu luang saja,” ujarnya. (SMH/Zul)