25 radar bogor

Bencana Pohon Tumbang di Kota Bogor Mulai Mengancam, Warga Diminta Waspada

Pohon besar di pusat kota Bogor. (Nelvi/Radar Bogor)
Nelvi/RadarBogor
Salah satu titik di Kota Bogor yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar.

BOGOR – RADAR BOGOR, Curah hujan di Kota Bogor beberapa hari ini kembali tinggi. Hujan yang turun juga disertai angin kencang.

Dalam sehari pada Rabu (4/9/2019) malam, bahkan ada lima pohon tumbang. Beruntung tak menimbulkan korban.

Hal itu lantas menjadi perhatian serius Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan pada Disperumkim Kota Bogor M Hutri mengaku terus melakukan pemantauan pada pohon-pohon yang menjadi kewenangannya. Terutama di jalan arteri dan protokol.

“Kita di pertamanan terus melakukan pemantauan dan standby petugas pertamanan untuk antisipasi bila terjadinya pohon tumbang,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (5/9).

Antisipasi pohon tumbang tersebut, lanjut dia, dengan cara melakukan penebangan pohon yang secara fisik sudah mengalami pengeroposan.

Sebab khawatir jika terjadi angin kencang akan roboh. Salah satunya pohon randu yang berada di Jalan Padjajaran.

“Hampir setiap hari kita melakukan pemangkasan pohon,” tuturnya.

Hutri membeberkan, sejak Juli 2019 hingga saat ini tercatat ada 59 permohonan pemangkasan pohon.

Pemangkasan itu di dominasi oleh pohon pelindung seperti jenis Kenari, Randu, Mahoni, Karet Kebo dan yang lainnya.

“Dari pantauan terakhir kondisi pohon saat ini sudah cukup kondusif,” terang dia.

Hutri menuturkan, bidangnya juga siap melayani warga apabila membutuhkan bantuan untuk dilakukan pemangkasan pohon di sekitar rumahnya. Namun harus dilakukan permohonan terlebih dahulu.

“Untuk warga yang memerlukan bantuan pemangkasan atau penebangan pohon dapat mengajukan surat ke Disperumkim,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Rabu (4/9) sore Kota Bogor dilanda hujan deras disertai angin kencang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kpta Bogor mencatat sebanyak lima kejadian pohon tumbang di berbagai wilayah.

Antara lain di Jalan Cifor depan Rumah Makan Galuga Kecamatan Bogor Barat, di Kampung Pabuaran Pasir RT 01/10 Kelurahan Muyaharja Kecamatan Bogor Selatan, di Bogor Lakeside, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bubulak serta pohon tumbang yang menimpa rumah di Margabhakti RT 02/02 Kelurahan Kertamaya Kecamatan Bogor Selatan. (gal/pkl8)