25 radar bogor

PDAM Sediakan 15.600 Sambungan Baru di Cibinong, Ciawi, Cisarua

Ilustrasi PDAM

CISARUA-RADAR BOGOR, Warga Kecamatan Ciawi dan Cisarua yang menginginkan mendapatkan sambungan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, bisa tersenyum.

Tahun ini perusahaan plat merah itu menyediakan belasan ribu sambungan baru tersebar di beberapa kecamatan Kabupaten Bogor.

“Tahun ini kita tambah 15.600 sambungan baru,” ujar Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Hasanudin Taher kepada Radar Bogor. Menurutnya, upaya tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mendapatkan akses air bersih.

Dari total 15.600 sambungan baru tersebar di Kecamatan Cibinong, Ciawi hingga Kecamatan Cisarua. “Kita foskuskan di tengah memang tapi ada sambungan baru di Ciawi dan Cisarua,” ucapnya.

Hingga kini seluruh kecamatan belum seluruhnya terlayani PDAM. Di tahun 2017, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor memiliki jumlah pelanggan sebanyak 147.951 SL. Memiliki kapasitas air terpasang sebesar 2.110 liter per detik yang terdiri dari 11 pengolahan lengkap (IPA) dengan kapasitas 1.230 l/d, 11 sumber mata air dengan total kapasitas 724,50 l/d dan 4 cluster sumur bor dengan kapasitas 22 l/d.

Untuk memudahkan pelayanan keada masyarakat, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menyediakan delapan cabang pelayanan yaitu cabang Leuwiliang, Ciomas, Kedung Halang, Parungpanjang, Cileungsi, Ciawi, Cibinong serta cabang Jonggol.

Peningkatan pelayanan terus dilakukan hanya saja sebagian besar aset pela­yanan PDAM Tirta Kahu­ripan Kabupaten Bogor sudah berusia sangat tua sehingga memerlukan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi.

Contoh usia aset yang sudah sangat tua adalah jaringan pipa distribusi Ciburial di Kecamatan Ciomas Bogor, yang mem­bentang dari Pintu Ledeng (Kecamatan Ciomas) sampai wilayah Cimanggis.(ded)